UMKM Sawahlunto Belajar Branding Produk Secara Online

umkm
Tim kokadai.com menjelaskan bentuk kerjasama dengan UMKM. Untuk awal 10 UMKM menjadi pilot projek. IST

HALOPADANG.ID–Meningkatkan jangkauan pasar dan menguatkan branding produk, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sawahlunto segera bekerjasama dengan startup (usaha rintisan) marketplace kakodai.com.

Pengembangan kualitas dan kuantitas UMKM ini diinisiasi dan difasilitasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sawahlunto bersama Dinas Koperindag.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sawahlunto, Neldaswenti menyebutkan, kerjasama ini merupakan wujud penyesuaian UMKM di Kota Sawahlunto dengan perkembangan pasar dan teknologi. Tak hanya itu, dengan ‘go digital’ ini juga mampu mendorong efektif dan efisien produksi sampai pemasaran produk UMKM tersebut.

“Tidak semua UMKM yang paham dan update dengan teknologi. Akan tetapi dengan tuntutan jaman yang terus berkembang, membuat UMKM juga harus mengikuti arus perkembangan itu sendiri,”sebutnya.

Terlebih lanjutnya, ditengah pandemi corona saat ini, dimana ruang dan gerak dari usaha yang sangat terbatas secara manual, bisa disiasati dengan teknologi informasi atau online.

“Makanya dengan kolaborasi dengan tim kokadai.com yang semuanya adalah anak-anak muda jago IT asli Sawahlunto. Sehingga ini perpaduan UMKM lokal dengan startup lokal dapat membuat UMKM yang ada jadi berkembang baik secara efektifitas maupun produktifitas,” ujarnya.(T-01)