Jelang Kenormalan Baru di Payakumbuh, Banyak yang Madar Tak Pakai Masker

masker
Petugas mengimbau warga untuk tetap menggunakan masker di Payakumbuh

HALOPADANG.ID–Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III di Payakumbuh masih berjalan. Namun, masih banyak warga yang madar dengan tidak mengindahkan aturan dan imbauan seperti tidak memakai masker.

Mereka dengan berbagai alasan, tidak menggunakan masker saat ke pusat Pasar Payakumbuh. Padahal, dari belasan Kasus Positif di daerah itu, didominasi oleh mereka yang banyak beraktivitas di Pasar.

Hal tersebut terlihat dari sejumlah warga (pengendara roda dua.red) dari berbagai daerah yang dijaring petugas Pos Covid-19 Pusat Kota atau dibawah Kanopi jln A.Yani, Rabu 3 Juni 2020. Selain tidak menggunakan masker, juga terdapat pengendara yang menyimpan masker di dalam saku maupun tas, sehingga mereka terpaksa harus memasang masker saat dijaring petugas.

Pengendara yang dijaring karena tidak menggunakan masker itu, diminta petugas untuk membeli masker, baru diperbolehkan kembali melanjutkan perjalanan ataupun masuk pasar, untuk berbagai keperluan.

Fitra, salah seorang petugas di Pos Covis-19 Pusat Kota Payakumbuh menyebutkan, pengunjung pasar yang melintas di Pos Covid-19 Pusat Kota atau bawah Kanopi dilakukan pemeriksan suhu tubuh dan pemeriksaan masker. Mereka yang tidak menggunakan masker diminta untuk berhenti dan membeli masker.

“Memang kita melakukan pemeriksaan suhu tubuh warga yang akan masuk pasar, termasuk memeriksa penggunaan masker. Bagi yang tidak menggunakan masker, kita minta berhenti dan harus membeli masker ke dalam pasar, setelah itu kita perbolehkan melanjutkan aktivitas.” ujarnya kepada wartawan.

Dikatakan, bagi warga yang suhu tubuhnya melebihi 37 saat diukur di Pos Covid Pusat Pasar, dibawa petugas untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di Pos utama di Depan Pos Lantas Payakumbuh.

Namun hingga saat ini, meski jumlah warga yang tidak menggunakan masker terbilang sedikit, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan kesadaran menggunakan helm saat berkendara. Dari pantauan di beberapa titik jalan utama di Payakumbuh, banyak warga yang tidak menggunakan helm, bahkan mereka lebih takut tidak menggunakan masker dibanding menggunakan Helm saat ke Pasar. (M-02)