Kenormalan Baru, Kapolres Pariaman Cek Protokol Kesehatan di Pasar

pariaman
Kapolres Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksmana melakukan peninjauan pedangan dan pembeli di Pasar Pariaman, dalam rangka penerapan PSBB di daerah itu, Selasa (2/6). Imam

HALOPADANG.ID–Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra tinjau Pasar Pariaman guna memastikan penerapan protokol kesehatan dalam masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) serta persiapan kenormalan baru (new normal) di daerah itu

“Kami dari Polri dan TNI melakukan peninjauan ke pasar Pariaman tentang sejauh mana kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di sini,” kata Kapolres Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksmana di Pasar Pariaman, Selasa (2/6).

Ia menyampaikan, sepanjang penelusuran di Pasar itu, sudah ada sekitar 80 persen masyarakat yang mengunakan masker, baik itu pedagang atau pembeli. Hanya saja masalah jarak memang belum maksimal, tetapi ke depan akan dilakukan pendekatan oleh petugas.

“Kami sadari juga ini adalah pasar penampungan, tetapi kedepan anggota yang ditugaskan dipasar ini akan terus dilakukan sosialisasi menerapkan jarak sesuai dengan protokol kesehatan covid-19,” katanya.

Selain itu, petugas yang disiagakan di Posko Penangan Covid-19 Pasar Pariaman juga telah menyediakan tempat cuci tangan dan pengukuran suhu badan sebelum masuk ke Pasar Pariaman.

“Bagi pedangan yang melanggar akan diberikan sangsi oleh petugas, sangsi sosialnya mereka yang tidak patuh tidak bolehkan masuk pasar,” kata Deny.

Dimana saat ini Pemerintah mencanangkan penerapan kenormalan baru setelah perpanjang PSBB hingga 7 Juni mendatang, artinya masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi perekonimian tetap berjalan.

“New Normal ini dimana masyarakat diminta untuk membiasakan diri mengunakan masker, mencuci tangan dengan handsanitizer atau air yang mengalir dan menjaga jarak,” kata Kapolres yang baru saja pindah tugas ke Pariaman itu.

Oleh sebab itu, TNI dan Polri mendukung rencana pemerintah tersebut, sebagaimana telah diperintahkan oleh Kapolri dan Panglima TNI untuk melakukan penegakan disiplin kepada masyarakat dalam rangka penerapan New Normal.

“Jadi kedatangan kami ke Pasar ini untuk melakukan pengecekan sejauhmana kepedulian masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menyampaikan, selain Pasar Pariaman pihaknya juga akan melakukan aksi serupa diberbagai tempat keramaian diwikayah hukum Polres Pariaman.

Pantauan dilapangan, Kapolres Pariaman beserta jajaran dan Kodim 0308 Pariaman melakukan meninjauan ke dalam pasar, pihaknya juga langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pedagang di pasar itu. (W-01).