Meski Pandemi, Bagi-bagi Sertifikat Tanah Tetap Jalan

Halopadang.id – Evaluasi proyek strategis nasional (PSN) di tengah pandemi corona Covid-19, tetap dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah program yang dilaksanakan sebelumnya, diminta untuk tetap berjalan.

Itu dikatakan Kepala Negara, saat memimpin rapat kabinet terbatas mengenai evaluasi PSN untuk pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19, Jumat 29 Mei 2020.

“Walaupun saat ini kita tengah menghadapi pandemi, tapi agenda-agenda strategis yang sangat penting bagi bangsa dan negara kita yang menjadi prioritas bagi kepentingan nasional tidak boleh berhenti dan tetap harus kita lanjutkan,” kata Presiden Jokowi, dalam sambutan rapat kabinet.

Jokowi mengatakan, program-program PSN yang bersentuhan dengan rakyat kecil, tidak boleh berhenti walau dalam kondisi pandemi sekarang ini. Beberapa program yang sudah berjalan sejak periode pertama kepemimpinannya, adalah sertifikat tanah untuk rakyat.

Di mana program ini menjadi salah satu andalan Presiden Jokowi. Yang biasanya dalam setahun hanya 500 ribu sertifikat, namun pada 2019 lalu sudah mampu memberikan 7 juta sertifikat tanah gratis untuk rakyat. Bersamaan dengan program perhutanan sosial, yakni sertifikat pemanfaatan hutan pemerintah oleh rakyat atau kelompok rakyat.

“Saya mencatat beberapa PSN yang sangat penting bagi penguatan ekonomi rakyat misalnya seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial serta peremajaan perkebunan rakyat,” jelas mantan Gubernur DKI itu.

Namun biasanya, acara bagi-bagi sertifikat tanah untuk rakyat selalu menghadirkan masyarakat dalam jumlah yang banyak. Dari ratusan penerima hingga ribuan penerima dalam satu tempat. Sementara saat ini, pemerintah melarang kerumunan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Saya ingin memastikan bahwa program-program ini tetap berjalan tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat,” kata Jokowi. (002)