Kontak dengan Pasien Corona Asal Padang, Sembilan Warga Pariaman Dites Swab

swab
Ilustrasi tes swab

HALOPADANG.ID–Sembilan orang warga Kota Pariaman berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dilakukan tes swab oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Kamis (28/5).

Informasi yang dihimpun bahwa sembilan warga yang OTG tersebut beberapa hari yang lalu sempat berkontak langsung dengan sanak keluarganya yang merupakan pasien positif corona di Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul membenarkan hal tersebut, ia mengatakan bahwa ada dua orang pasien dari Kota Padang yang dinyatakan positif corona. Pasien tersebut sebelumnya berkontak langsung dengan sembilan orang anggota keluarganya yang tinggal di Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.

“ Mendapat kabar tersebut, kami langsung terjun ke lokasi dan mengambil tes swab. Untuk 8 orang sudah kami lakukan tes swab tadi pagi dan sore ini satu orang lagi yang sempat kabur dan tidak mau dilakukan pemeriksaan swab “, ungkapnya.

Salah seorang warga tersebut berprofesi sebagai nelayan dan tukang ojek, awalnya tidak mau diperiksa tapi setelah diberikan edukasi barulah yang bersangkutan mau diambil swab oleh petugas medis dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap,”ucapnya.

Hasil pengambilan swab akan kirim ke Labor Unand Padang, dalam empat hari hasilnya keluar.

Untuk warga yang berstatus OTG tersebut harus mengisolasi diri secara mandiri di rumah masing-masing sambil menunggu hasil labor. Mudah-mudahan hasilnya negatif,” tutur Syahrul.(R-01/rel)