Bukittinggi Berencana Tak Perpanjang PSBB

Bukittinggi
Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias (kiri) saat rapat bersama.

HALOPADANG.ID–Pemerintah Kota Bukittinggi akan melakukan pelonggaran setelah pelaksaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir pada 29 Mei nanti. Hal itu terungkap dari Rapat lengkap kepala SKPD se Kota Bukittinggi yang dipimpin Wali kota Bukittinggi pada Selasa (26/05) di Hall Balaikota Bukittinggi.

Dalam rapat itu Pemko Bukittinggi merencanakan tidak memperpanjang PSBB lagi setelah tanggal 29 Mei nanti dan akan dilakukan pelonggaran. Tentu saja menjalankan pelonggaran itu dibutuhkan persiapan dan kajian yang matang. Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengharapkan masing-masing SKPD dapat menyiapkan kajian penanganan Covid-19 terhadap kegiatan masyarakat.

“Pemko Bukittinggi akan membuka kembali objek wisata dan perhotelan secara bertahap, pekerja akan mulai bekerja kembali termasuk PNS tentu kecuali bagi yang hamil dan menyusui, serta mulai membuka sekolah secara bertahap. Sehingga gerak perekonomian mulai bergerak kembali,” ucapnya.

Ia mengatakan, karena itu Pemko akan segera mengevaluasi pelaksanaan PSBB dan mulai memulihkan keadaan masyarakat dengan kajian dan persiapan yang matang.

“Walaupun strategi diberikan kelonggaran, tapi standar penanganan corona tetap dilaksanakan. Seperti tetap wajib memakai masker dan rajin mencuci tangan. Pemko Bukittinggi pun akan melakukan penyemprotan disinfektan dibeberapa lokasi yang mulai dibuka,” tuturnya. (R-01/rel)