Gandeng Platform Online, BRI Salurkan KUR Digital

Bank BRI (Foto: Dok. BRI)

Halopadang.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus membuat terobosan baru dalam kaitannya mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Bank BRI, sebagai salah satu enabler di industri digital Indonesia bekerja sama dengan ekosistem platform e-commerce dan ride-hailing menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital.

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso mengungkapkan, inisatif ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyukseskan gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia”, yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo, Kamis (14/5/2020).

Ia menambahkan, di tahap pertama, BRI bekerja sama dengan Shopee dan Grab untuk menyalurkan KUR kepada merchant UMKM secara digital.

“Tahap selanjutnya, BRI akan bekerja sama juga dengan Tokopedia dan Gojek yang dimana saat ini di tahap finalisasi kerjasama,” imbuhnya.

Dengan KUR Digital BRI, merchant UMKM dapat dengan mudah mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id.

“Inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi,” tambah Sunarso.

Hingga akhir April 2020, Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 43,2 triliun kepada 1,5 juta debitur di seluruh Indonesia. Inisiatif ini disambut baik oleh platform digital yang bekerja sama dengan Bank BRI.

“Kami percaya, penggunaan teknologi akan membawa dampak positif dan selalu berinovasi untuk menemukan cara lain, membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pandemi. Kami bersyukur memiliki Bank BRI sebagai mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini,” jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

“Sebagai wujud nyata dukungan kami terhadap imbauan stimulus penanganan Covid-19 di platform e-commerce yang diinisiasi pemerintah, kerja sama antara Shopee dan BRI diharapkan dapat menjadi solusi pembiayaan UMKM yang dapat bantu meringankan para mitra penjual kami di tengah keadaan yang sulit ini. Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang Shopee tempuh setelah sebelumnya merilis Program Stimulus Dukungan Covid-19 100M Shopee untuk para pelaku UMKM di platform kami. Namun kami yakin, untuk dapat menjaga perekonomian Indonesia tetap berputar, diperlukan sinergi berkelanjutan dari pemerintah dan pihak swasta. Oleh karenanya, kami akan terus berupaya untuk terus menyediakan program yang dapat membantu sektor UMKM yang terkena dampak paling berat di tengah situasi pandemi,” ujar Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia.

Dikutip Halopadang.id dari Suara, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan dalam masa pandemi Covid-19 ini, pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjadi pertahanan untuk menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal. “Kami berikan apresiasi kepada Bank BRI dan kami percaya kemitraan strategis ini dapat berdampak positif terhadap keberlangsungan usaha mitra kami, di tengah masa pandemi ini. Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra usaha GoFood, penyaluran KUR digital yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mereka”, ungkap Soelistyo.(002)