Pencuri Kotak Amal di Lubeg Terekam CCTV

cctv
tangkapan layar

HALOPADANG.ID–Seorang pria tanpa identitas terekam Closed Circuit Television (CCTV) saat hendak mencuri uang dalam kotak amal di Masjid Dawatul Muslimin, Ujung Tanah, Kelurahan Lubuk Begalung, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Kamis (14/5) 14.00 WIB.

Dalam rekaman kamera pengintai yang berdurasi sekitar tiga menit tersebut, terlihat pelaku hendak membongkar brangkas kotak amal yang berada di dalam masjid. Namun aksinya diketahui oleh pengurus masjid yang kebetulan sedang memantau CCTV.

“Awalnya kami tidak menaruh kecurigaan sama sekali kepada yang bersangkutan, karena kami pikir orang yang mau melaksanakan ibadah salat sama seperti jamaah lainnya,” kata Edi Ketua RW setempat.

Edi mengatakan pelaku datang ke Masjid tersebut menggunakan sepeda motor merek Honda Beat warna hitam sambil menenteng tas yang berisikan palu, pahat, gunting seng dan pisau.

“Pelaku ini awalnya pura-pura tidur, karena mau beraksi dan terpantau CCTV kami hendak mengamankan orang itu,” katanya.

Edi menjelaskan, saat hendak ditangkap oleh warga dan jamaah masjid pelaku mengeluarkan senjata tajam mengancam warga. Ia mengatakan pelaku sempat juga hendak mengeluarkan semacam senjata api (senpi) dari dalam pinggangnya.

“Dia sempat juga hendak mengeluarkan seperti semacam pistol itu, karena kami memikirkan keselamatan juga, kami menjaga jarak, pelaku kemudian kabur menggunakan sepeda motornya,” katanya.

Meskipun demikian, pihaknya belum melaporkan insiden tersebut ke pihak kepolisian. Pasalnya, selain tidak ada uang di kotak infak yang diambil, pelaku juga diketahui bukan warga setempat.

“Kami laporkan apa yang mau dilaporkan, toh dia juga tidak sempat mengambil apa-apa,” katanya.

Pasca kejadian tersebut, Edi menuturkan pengurus masjid berencana hendak menambah tiga unit kamera CCTV lagi di sejumlah perimeter rumah ibadah tersebut.

“Kami akan tambah tiga hingga empat lagi di dalam masjid, di dekat mimbar dan di bagian luar masjid, pasalnya kejadian seperti ini sudah pernah terjadi beberapa bulan lalu, kami juga minta warga meningkatkan keamanannya,” tuturnya.

Sementara itu Kapolsek Lubuk Begalung AKP Andi Parningotan Lorena mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan kejadian tersebut dari warga.

“Kami belum ada terima laporan itu, namun itu akan kami tindak lanjuti,” katanya.

Andi mengatakan selama Ramadan tahun ini, selain gencar menegakkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), pihaknya meningkatkan intensitas patroli di wilayah hukum Polsek Lubuk Begalung.

“Kami bekerja full time saat ini termasuk pengawasan di rumah ibadah, kendalanya adalah ketika kejadian seperti ini laporan baru masuk ke kami dua atau tiga hari setelahnya, itu yang menjadi kendala kami,” katanya.

Ia meminta masyarakat untuk meningkatkan lagi intensitas keamanan di tempat tinggal mereka masing-masing, salah satunya dengan mengaktifkan lagi pos sistim keamanan lingkungan (siskamling).

“Terutama pada siang hari, masyarakat lebih banyak mengurangi intensitas aktivitas mereka, namun mereka jangan sampai lengah dengan kejadian yang tak diinginkan, saya rasa masyarakat sudah paham akan hal tersebut,” katanya. (R-01)

Screenshot pelaku percobaan pencurian kotak amal di Masjid Da’watul Muslimin, Ujung Tanah, Kelurahan Lubuk Begalung, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis, (14/5) siang pukul 14.00 Wib. (Foto: Dok. CCTV Masjid Da’watul Muslim)