21 Masjid di Solsel Terima Bantuan Dana Hibah, Data Bansos Dibuka

bantuan
Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman menyerahkan bantuan dana hibah dari Pemkab Solsel sebesar Rp420 juta yang diberikan kepada 21 pengurus masjid se solsel, Selasa (12/5).

HALOPADANG.ID–Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman menyerahkan bantuan dana hibah dari Pemkab Solsel sebesar Rp420 juta yang diberikan kepada 21 pengurus masjid se solsel, Selasa (12/5).

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Plt Bupati Solsel kepada 7 orang pengurus masjid perwakilan masing-masing kecamatan di ruangan kerjanya.

Rahman mengaharapkan, bantuan hibah ini dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan masjid, bisa juga dimanfaatkan untuk pembangunan fisik.

Ia menambahkan, bantuan hibah masjid tahun ini berjumlah Rp20 juta untuk satu masjid.

“Masing-masing kecamatan ada tiga masjid yang mendapatkan hibah, jadi tahun ini ada 21 masjid yang menerima hibah,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, karena sifatnya hibah, jadi tiap tahun masjid yang mendapatkan bantuan berbeda-beda, dimana masjid yang akan menerima merupakan usulan dari kecamatan.

Dana Bansos

Sementara itu, terkait dana bantuan sosial (bansos), Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Yulian Efi secara tegas meminta agar berbagai data terkait Bantuan Sosial, baik PKH, Sembako, serta Bantuan Langsung Tunai akibat dampak Covid agar diinformasikan dan dibuka seluas-luasnya kepada masyarakat.

“Gunakan seluruh saluran informasi yang ada, baik melalui papan pengumuman di kantor wali, tempat strategis, serta media daring yang dimiliki nagari. Termasuk melalui website yang dikelola diskominfo,” tegasnya

Sekda menambahkan bahwa Plt. Bupati juga telah menginstruksikan para wali nagari untuk melakukan transparansi ini, dan para Camat diminta untuk memastikan transparansi data ini berjalan dengan baik

Transparansi ini menurutnya bertujuan agar masyarakat dan pihak lainnya dapat ikut serta melakukan pengawasan data-data tersebut

Ia juga meminta agar semua pihak dapat membantu pengawasan dengan melakukan laporan terkait penanganan Covid ini, baik pengaduan Bansos, pengaduan layanan kesehatan covid, dan pengaduan lain.

“Kami sediakan layanan sms pengaduan di 1708, dengan cara ketik : solokselatan <spasi> aduan. Tentu juga dilengkapi dengan laporan lengkap agar mudah ditelusuri,” tuturnya Sekdakab Solsel Yulian Efi ketika memimpin rapat layanan pengaduan Covid bersama Asisten Administrasi Umum Amdani, dan Kabag Organisasi Wahyu Tina. (R-01)