Pemko Padang Pajang Nama Penerima BLT JPS Covid-19 di Kantor Lurah

Ilustrasi

Halopadang.id – Pemko Kota Padang memastikan, hari ini Senin (11/5/2020) data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) JPS Covid-19 telah final terpasang di papan pengumuman masing masing kelurahan.

Data penerima BLT ini diumumkan agar ada transparansi dalam penyaluran bantuan.

“Insya Allah mulai Senin 11 Mei, data penerima BLT JPS Covid-19 per kelurahan sudah final dipasang di papan pengumuman masing masing kelurahan,”ujar Koordinator Perencanaan dan Analisis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kota Padang Medi Iswandi kepada awak media, Minggu (10/5).

Medi juga memastikan, pendataan penerima sudah diverikasi tim Dinas Sosial Kota Padang, juga bisa dikoreksi jika ada laporan penerima BLT-JPS Covid-19 yang tidak tepat sasaran, atau ada kongkalingkong dengan aparat di tingkat RT atau Lurah. “Jika diduga ada warga mendapat dua atau tiga program, kemungkinan yang dilihat data mentah usulan dari RT melalui kelurahan dan kecamatan, saya pastikan akan terkoreksi oleh tim verifikasi tingkat kota,” ucap Medi.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pihak yang bertanggungjawab terkait penyaluran BLT JPS Covid-19 adalah Dinas Sosial. Pantauan Gugus Tugas Covid-19 Kota Padang, saat ini Dinas Sosial masih terus memverifikasi data penerima. “Data finalnya ada 74 ribu KK di Padang menerima BLT dengan sumber dana dari APBD kota,” katanya lagi.

Minggu siang, sambung dia, telah digelar rapat dengan TAPD untuk proses pencairannya. Harapan walikota, bagi kelurahan yang sudah akuntabel dengan data penerima, Senin itu telah bisa dananya ditransfer. “Mekanismenya dana BLT Pemko Padang disalurkan ke rekening kelurahan, selanjutnya diteruskan ke RT dan didistribusikan ke warga penerima,” ujar Medi.

Medi berharap agar masyarakat ikut berpartisipasi mengawasi penyaluran BLT dari program JPS dampak Covid-19 ini. “Jika ada warga mengetahui ada penerima double, kami sangat berharap informasinya disampaikan, sehingga bisa dicek oleh dinas sosial,” tukasnya. (002)