Calon Perwira Polda Sumbar Positif Corona, Sempat Reunian

rapid test
Ilustrasi tes labor

HALOPADANG.ID–Setelah dilakukan pemeriksaan swab, satu calon perwira polisi dari Polda Sumatra Barat (Sumbar) dinyatakan positif corona (covid-19), dari penambahan tersebut total keseluruhan calon perwira yang terinfeksi terhitung menjadi tiga orang, satu di antaranya dinyatakan sembuh.

Penambahan calon perwira yang positif tersebut masih merupakan rombongan yang pulang dari pendidikan sekolah pembentukan perwira (Setukpa) Lemdikpol Polri di Sukabumi, Jawa Barat. Mereka baru melaksanakan cuti dan akan kembali melanjutkan pendidikan.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Sumbar Kombes Pol Dr. Sucipto mengatakan sebelum kembali melangsungkan pendidikan, dilakukan swab terhadap 44 calon perwira. Hasilnya, satu personel ditemukan positif corona.

“Karena sekolah akan dimulai, kita tes swab 44 perwira, dan hasilnya positif satu orang, kami masih melacak yang bersangkutan terpapar dari mana, pokoknya yang penting kami tangani personel yang positif ini,” kata Sucipto, Sabtu (9/5).

Satu calon perwira yang positif ini telah menjalani isolasi mandiri. Sucipto mengungkapkan pihaknya telah melakukan tes swab orang-orang yang berkemungkinan pernah kontak dengan personel positif ini.

“Kami lakukan tes swab, termasuk semua keluarganya sebanyak 20 orang, itu semuanya keluarga yang pernah kontak di rumah selama yang bersangkutan liburan cuti,” ungkapnya.

Sucipto mengatakan, satu personel positif corona ini juga sempat melakukan reuni atau berkumpul dengan rekan-rekannya, Namun ketika itu belum diketahui bahwa terpapar virus.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto membenarkan total keseluruhan calon perwira yang masuk ke Sumbar sebanyak 45 personel. Total keseluruhan ada 46 orang, namun satu orang masih berada di Jakarta.

“Dari 26 personel datang, ditambah lagi jadi total keseluruhan 45 yang telah masuk ke Sumbar pulang karena cuti. Untuk keseluruhan yang positif calon perwira Polda Sumbar menjadi tiga, satu telah dinyatakan sembuh,” terangnya. (R-01)