Warga Limapuluh Kota yang Positif Corona Sempat Salat Jumat di Pangkalan

positif
Ilustrasi pasien

HALOPADANG.ID–Satu orang warga Kabupaten Limapuluh Kota dinyatakan terjangkit corona. Sontak dengan status positif tersebut membuat tim gugus tugas melakukan tracking (palacakan). Diketahui pasien berinisial Y (59) berdomisli dari Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (9/5).

Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengatakan, Y merupakan kasus transmisi lokal yang pernah kontak dengan pasien positif di Kota Payakumbuh. Ia sebelumnya berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), bahkan ia sempat beraktifitas dengan salat jumat di salah satu masjid.

“Riwayatnya dia pernah kontak dengan pasien corona asal Payakumbuh. Ini hasil tracing dari pasien asal Payakumbuh itu. Kemarin saja, ia masih salat Jumat berjamaah di salah satu masjid. Ada sekitar 80 orang jemaah yang shalat,” kata Ferizal dilansir dari Kompas.

Lebih lanjut disampaikannya, pasien positif tersebut juga tinggal di daerah padat penduduk.

“Kami segera lakukan tracing dengan siapa saja pasien positif itu kontak. Diperkirakan ada ratusan. Di masjid saja ada 80 orang. Belum keluarga. Apalagi dia termasuk seorang yang aktif di tengah masyarakat,” jelas Ferizal.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Soeptino dalam video conferencenya, Sabtu (9/5) mengatakan, keluarga pasien yang positif diisolasi ke rumah sakit suliki.

“Yang positif itu baru satu berinisial Y seorang pegawai mekanik di salah satu toko elektornik di Kota Payakumbuh. Ia berdomisili di Pasar Manggilang Kecamatan Pangkalan Koto Baru,” ucapnya.

“Keluarganya kami isolasi dan besok kami tes swab juga. Kasus di 50 Kota ini merupakan transmisi lokal dari Kota Payakumbuh,”ujarnya menambahkan(R-01/KMP)