655 KK di Sawahlunto Terima Bantuan Rp1,8 Juta

bantuan
Penyerahan bantuan JPS Provinsi Sumbar oleh petugas POS Sawahlunto kepada warga terdampak Covid 19, yang juga disaksikan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta. Humas

HALOPADANG.ID–Sebanyak 655 kepala keluarga terdampak corona atau Covid – 19 mulai menerima Bantuan Langsung Tunai dari dana Jaringan Pengaman Sosial (JPS) dari Provinsi Sumatra Barat. Bantuan diterima selama tiga bulan ke depan dengan besaran Rp600 ribu per bulan per KK atau total Rp1,8 juta.

“Bantuan ini untuk April, Mei dan Juni. Dengan akumulasi yang diterima selama tiga bulan itu sebesar Rp1,8 juta per KK,” ujar Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta saat menyaksikan pembayaran BLT melalui POS setempat, Senin (4/5).

Bagi penerima bantuan JPS rumahnya akan ditempeli stiker yang bertujujan agar bantuan tidak tumpang tindih atau bantuan ganda kepada masyarakat tersebut.

Sebelumnya sebut Wali Kota, pemko Sawahlunto telah memberikan bantuan beras kepada 5000 KK sebanyak 20 kilogram serta uang BLT sebesar Rp300 ribu.

“Untuk JPS dari Pemprov Sumbar penyalurannya melalui POS sedangkan BLT Pemko melalui Bank Nagari setempat. Terlepas dari sistim penyalurannya yang terpenting masyarakat terdampak Covid dapat menerima bantuan,” tuturnya.

Untuk bantuan – bantuan lainnya, Walikota berharap masyarakat yang terdampak untuk tetap bersabar katena semuanya masih dalam proses. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk tetap mentaati pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk pencegahan penyebaran vius Korona.

Salah seorang warga Kelurahan Tanah Lapang penerima bantuan JPS, Supriyanti merasa sangat bersyukur atas bantuan yang diterimanya dimasa sulit pandemi Korona ini. Iamengaku usaha kerupuk empleng yang menjadi tinggak ekonomi keluarganya itu ikut melesu semenjak wabah Covid 19.

“Biasanya onset penjualan kerupuk akan meningkat saat masuk bulan puasa, tapi tahun ini cendrung tidak ada atau menurun drastis,” katanya.(J-01)