Ada Pasien Positif Corona, Dua Puskesmas di Bukittinggi Ditutup

puskesmaas
Ilustrasi ditutup

HALOPADANG.ID–Pelayanan kesehatan di Puskesmas Baso Kecamatan Baso dan Puskesmas Pakan Kamis Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam ditutup untuk sementara waktu terkait dengan salah seorang pasien positif Covid 19 yang sebelumnya berobat di Puskesmas Baso.

Informasi yang diperoleh, pasien positif berinisial A warga Kabupaten Agam datang berobat ke Puskesmas Baso dengan keluhan demam tinggi sejak beberapa hari lalu. Selain berobat ke Puskesmas Baso pasien tersebut juga berobat ke salah satu bidan didaerah itu.

Kini pasien tersebut telah diisolasi di Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) sejak Kamis lalu dengan hasil lab positif Covid 19. Setelah ditelusuri ternyata, pasien A mempunyai anak seorang dokter berinisial D yang bertugas di Puskesmas Pakan Kamis.

“Untuk sementara, pelayanan di Puskesmas Baso dan Puskesmas Pekan Kamis ditutup, kecuali Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap buka,” kata Kadis Kesehatan Kab. Agam dr. Indra, Senin (4/5).

Ia menambahkan, hari ini (kemaren, red) semua petugas Puskesmas Baso yang kontak langsung dengan pasien tersebut dilakukan tes Swab, termasuk seorang dokter anak dari pasien A yang berdinas di Puskesmas Pakan Kamis.

“Dokter D beserta keluarganya dilakukan Swab dan semua pegawai Puskesmas Baso juga dilakukan Swab,” ulasnya.

Ia belum bisa memastikan kapan layanan di dua puskesmas itu dibuka kembali. Namun harus menunggu hasil dari test Swab.

“Swab akan dilakukan di Lab. Veteriner di Baso, mudah mudahan sore ini hasilnya keluar. Kita juga akan melakukan pelacakan terhadap pasien dokter D itu dan pasien A dengan siapa siapa saja mereka pernah berkontak,” ungkapnya.

Untuk pegawai Puskesmas Pakan Kamis belum dilakukan test Swab, tergantung dari hasil Swab dokter D. Jika hasil Swab dokter D positif maka pegawai Puskesmas Pakan Kamis akan dilakukan tes lab.(L-01).