Pengunjung Ditemukan Tergeletak, Pasar Raya Kota Solok Akan Ditutup Sementara

solok
Ilustrasi_Halodoc

HALOPADANG.ID–Seorang warga ditemukan tergeletak di Pasar Raya Kota Solok, pada Kamis (30/4). Kejadian tersebut membuat sebagai pengunjung kaget, terutama dalam pandemi corona.

Warga yang belum diketahui identitasnya tersebut dievakuasi oleh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Solok berpakaian lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti pakaian astonot.

Menyikapi hal itu dan terkait pelaksanaan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah memasuki hari ke-9, serta belum menunjukkan ke arah lebih baik. Wali Kota Solok Zul Elfian selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Solok menggelar rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Ruang Sekretariat Bersama Gugus Tugas. Kamis (30/4)

“Saya prihatin dan sekaligus khawatir melihat kondisi pasar, baik itu mulai diberlakukannya PSBB sampai masuk hari ke-9. Saya cemas kita seperti dihadapkan dengan bom waktu, karena kita walau masuk zona hijau akan tetapi daerah sekitar kita telah masuk zona merah,”ucap Zul Elfian.

Kecemasan Zul terkait dengan kejadian seorang warga yang ditemukan tergeletak di Pasar Solok. Pengunjung itu diketahui tiba-tiba pingsan di tengah keramaian pasar.

“Berbagai upaya sosialisasi dan mengimbau sebagaimana layaknya penerapan PSBB telah masif dilakukan, tapi melihat kejadian tadi mau tidak mau kami perlu melakukan upaya lebih untuk mencegah hal yang kita khawatirkan terjadi, ditambah lagi pasar lain disekitar daerah kita telah tutup,”ucap Zul.

Dalam rapat telah disepakati akan dilakukan penutupan total jalan lingkar Kota Panjang Pasar Solok dan akan direlokasi ke Pasar Rakyat yang baru dekat Terminal Bareh Solok, dan selanjutnya pada hari Sabtu 2 Mei dan Minggu 3 Mei 2020 akan dilakukan penutupan Pasar Solok. karena akan disemprot disinfektan total oleh Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Solok.

Hadir dalam rapat Wakil Wali Kota Solok Reinier yang juga selaku Ketua Satgas Penegak PSBB, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi,S.Ik, Letkol ARM Reno Triambodo, Kajari Solok Donny Haryono Setyawan,SH, Anggota DPRD Kota Solok Nasril In Dt. Malintang, Pj. Sekda Kota Solok Drs. Luhur Budianda SY, M.Si, serta para Asisten dan Kepala OPD terkait.(R-01)