Peduli Keselamatan Masyarakat, PLN Sumbar Sosialisasikan Bahaya Listrik

listrik
Ilustrasi listrik

HALOPADANG.ID – Demi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan ketenagalistrikan, PLN UIW Sumbar melalui masing-masing Unit Pelaksana melaksanakan talkshow radio dan sosialisasi langsung oleh masing-masing Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN.

Hadir dengan tema “Bahayanya Listrik Bila tidak Hati-hati” talkshow tersebut berlangsung di empat Kota di Sumatera Barat, yakni Padang, Bukittinggi, Solok dan Payakumbuh dengan narasumber Manager UP3 dan Pejabat K3L masing-masing unit pelaksana PLN.

Program talkshow radio diprakarsai oleh Biro Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (K3L) PLN UIW Sumbar untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa selain memiliki manfaat yang sangat besar, listrik juga memiliki potensi bahaya bila tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Bahaya yang timbul oleh listrik dapat terjadi dalam beberapa bentuk, salah satunya hubungan arus pendek atau korsleting listrik yang berakibat fatal.

Menurut pejabat pengendali K3L PLN UIW Sumbar, Misran Hasra talkshow radio adalah salah satu dari serangkaian sosialiasi yang akan digelar oleh biro K3L PLN. Begitupun dengan sosialisasi dari unit layanan pelanggan (ULP) PLN kepada nagari, desa, dan kelurahan di wilayah kerja masing-masing.

“Melalui talkshow radio PLN ingin meminimalisir munculnya bahaya akibat listrik yang mengancam keselamatan masyarakat. Kami juga ingin menginfokan mengenai kepemilikan Sertifikat Laik Operasi (SLO) bagi instalasi di rumah pelanggan. Intinya kami hanya memberikan pasokan listrik kepada instalasi calon pelanggan yang sudah tersertifikasi aman dan layak oleh lembaga sertifikasi,” ungkap Misran.

Misran menambahkan bahwa masih banyak pelanggan yang belum sadar terhadap bahaya listrik.

“Jangan sekali-kali mengutak-atik alat pemutus/pembatas atau MCB dan kWh meter pada instalasi listrik di rumah atau bangunan pelanggan. Hindari pemasangan steker pada stop kontak bertumpuk, jangan membakar sampah di bawah kabel jaringan listrik karena hawa panas berpotensi menimbulkan lecet pada kabel, berhati-hatilah dalam menggali tanah disekitar jaringan listrik dll. Mudah-mudahan pelanggan menjadi lebih paham terkait hal tersebut,” jelas Misran.

PLN juga mengharapkan kerjasama pelanggan untuk menginformasikan apabila menemui pohon atau benda apapun yang bersentuhan atau rawan bersentuhan dengan kawat atau kabel listrik. Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, pelanggan dapat langsung menghubungi contact center 123 atau aplikasi PLN Mobile untuk melakukan pengaduan atau informasi seputar kelistrikan. (Q-5)