Jurnalis Garda Terdepan Informasi, Plt Bupati Solsel: Perlu Perhatian Khusus

jurnalis
Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman saat di posko covid-19

HALOPADANG.ID–Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman menyebut para insan pers (jurnalis) yang bertugas di kabupaten itu layak mendapatkan perhatian khusus, pasalnya ditengah wabah Covid-19 ini para pewarta juga bagian dari garda terdepan dalam menyampaikan informasi ke publik.

Menurut Abdul Rahman, bantuan wabah pandemi corona tidak hanya disalurkan ke masyarakat yang terdampak ekonomi oleh Covid-19, akan tetapi para jurnalis yang setiap hari selalu bertugas menginformasikan perkembangan situasi Covid-19 perlu menjadi perhatian khusus Pemkab Solsel.

“Tugas berat dalam situasi wabah Covid-19 ini tidak hanya diemban oleh tim medis, TNI dan Polri. Namun, jurnalis sangat berperan penuh dalam menyajikan perkembangan informasi, maka perlu kita perhatikan terkait kebutuhan untuk keluarga mereka,” ujar Abdul Rahman diruangan kerjanya, Senin (27/4).

Terkait kondisi pandemi, bagi jurnalis yang terdampak pihaknya sudah membicarakan bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kalau tidak ada media, publik tidak akan mengetahui perkembangan informasi seputar Covid-19, terutama di Solsel,” ujarnya.

Pihaknya, melalui Humas Pemkab Solsel meminta supaya berkabolorasi dengan OPD terkait dalam memperhatikan para jurnalis di Solsel.

“Tugas Kabag Humas memfasilitasinya, jangan kesampingkan wartawan yang sudah berjuang untuk informasi publik,” tuturnya.

Selain menginformasikan terkait perkembangan Covid-19 di Solsel, katanya, para wartawan juga melakukan pengawasan terhadap penyaluran bantuan supaya tepat sasaran. Ketika bantuan didistribusikan ke masyarakat.

“Kami tidak ingin ada masalah saat penyaluran bantuan, maka penting pengawasan dari rekan-rekan jurnalis,” terangnya.

Senada, Ketua PWI Solsel, Hendrivon menyampaikan apresiasi dan harapan terkait perhatian dari Pemkab Solsel, terutama yang terucap dari Plt Bupati Abdul Rahman.

“Benar apa yang pak Plt Bupati sampaikan jika tugas jurnalis terkait kasus Covid-19 sama dengan tenaga medis, menjadi garda terdepan menyampaikan informasi perkembangan Corona. Maka, sudah sepatutnya mendapatkan dukungan dan perhatian Pemkab Solsel,” ulasnya. (SS-01)