BLK Padang Siapkan Belasan Peti Mati

peti
Ilustrasi peti mati

HALOPADANG.ID–Balai Latihan Kerja (BLK) Padang memproduksi peti mati pesanan sejumlah rumah sakit di Kota Padang. Ada 15 peti mati yang siap untuk dikirim. Peti itu bentuk persiapan rumah sakit jika terjadi lonjakan korban corona.

Informasi yang dihimpun Halopadang.id, ada dua rumah sakit yang memesan peti mati tersebut yakni RSUP DR M Djamil Padang dan RS Unand.

Instruktur Bangunan BLK Padang,Rahmat Yulianto mengatakan, peti tersebut memiliki perbedaa dengan peti biasa. Pada bagian dalam ada tiga lapisan yang sengaja dibuat untuk kedap air dan sejenisnya yang bekemungkinan bisa membawa virus corona.

“Paling bawah itu ada lapisan aluminium foil, lalu busa, kain putih biasa dan terakhisr diberi kain parasut. Tinggi peti 60 sentimeter, panjang 2 meter – 2,1 meter dan lebar 80 sentimeter (kepala) serta 40 – 50 sentimeter (kaki),” ujar Rahmat Yulianto.

Untuk bahan baku peti, Rahmat mengatakan, peti menggunakan kayu multiplek, lama pengerjaan bisa satu hari. Bahkan ia mengaku saat ini juga mengerjakan 15 peti mati lagi karena ada pesanan.

Seperti diketahui BLK Padang, berperan dalam membantu percepatan penanganan corona di Sumbar. Sebelumnya sejumlah anggota Polwan dari Polda Sumbar juga belajar menjahit membuat APD berupa masker.(R-01)