Hasil Uji Swab, Wakil Wali Kota Bukittinggi Negatif Corona

ilustrasi

Halopadang.id – Dua kali rapid test, Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi dinyatakan positif terpapar Covid-19. Kabar gembira muncul setelah tes Swab Irwandi menunjukkan hasil negatif. Namun, untuk benar-benar memastikan positif atau negatif terinfeksi Covid-19, masih diperlukan pemeriksaan swab sekali lagi.

Merespons hasil swab yang negatif, Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyatakan hal itu menjadi kabar yang menggembirakan bagi warga, aparatur, dan pejabat di lingkungan Pemko Bukittinggi.

“Alhamdulillah hasil labor dari FK Unand telah keluar dan hasilnya negatif. Namun untuk lebih akurat, Pak Irwandi harus di swab satu kali lagi,” ungkap Wako Ramlan, dikutip Halopadang.id dari Padangkita, Selasa (21/4/2020).

Ramlan menjelaskan jika swab kedua hasilnya negatif maka beliau boleh pulang dari rumah sakit dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Untuk swab kedua dijadwalkan hari Rabu (22/4/2020) besok,” jelasnya.

Ramlan menjelaskan setelah mendapat hasil rapid test Senin (20/4/2020), Wawako langsung istirahat di rumah dinas.
Di rumah ini petugas mengambil swab untuk diperiksa di labor Unand, kemudian Wawako diisolasi di RSAM agar mendapatkan perawatan.

Sebelumnya, dari dua kali rapid test yang dilakukan kepada Wawako Bukittinggi, Senin (20/4/2020) pagi menunjukan ia positif terpapar Covid-19. Namun, rapid test memang digunakan untuk skrining awal, atau belum bisa menentukan kepastian seseorang terinfeksi Covid-19 atau bukan.

Positif atau negatif terpapar Covid-19, saat ini ditentukan dengan pemeriksaan hasil swab di labor. Ini pun harus dilakukan sebanyak dua kali. (002)