1 Hektare Lahan di Solok Disiapkan untuk Pemakaman Jenazah Corona

jenazah
Ilustrasi Pemakaman Jenazah Covid-19

HALOPADANG.ID–Pemerintah Kabupaten Solok akan menyediakan tanah seluas 1 hektare, sebagai lokasi pemakaman khusus bagi jenazah pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Solok. Tanah tersebut merupakan lahan milik Pemda Kabupaten Solok yang lokasinya berada di dekat Taman makam Pahlawan di Arosuka.

“Ini merupakan langkah antisipatif, jika nanti ada warga Kabupaten Solok pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Pemkab Solok menyediakan lokasi khusus untuk pemakamannya,” beber Bupati Solok melalui staf ahli Bidang Hukum dan Politik Abdul Manan selepas rapat lanjutan tentang penyelenggaraan jenazah korban covid-19 di Kabupaten Solok di Arosuka, Senin (20/4).

Abdul Manan dalam kapasitasnya sebagai ketua tim pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19 di Kab Solok menyebutkan, penyelenggarakan jenazah korban covid-19 harus memperhatikan dan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada. Baik itu dari sisi agama maupun kesehatan.
“Tujuannya adalah untuk mencegah penularan penyakit dari jenazah ke petugas, keluarga, masyarakat maupun lingkungan sekitarnya,” beber mantan Kalaksa BPBD Kab. Solok ini.

Pihaknya meminta kepada Camat dan Instansi terkait lainnya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara pemulasaraan dan pemakaman jenazah sudah sesuai dengan syariat islam sehingga diharapkan tidak ada penokan ditengah-tengah masyarakat.

“Diminta kepada camat dan wali nagari untuk meberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara penyelenggaraan jenazah korban covid-19 sesuai SOP yang berlaku,” bebernya.

Searah dengan itu, Dirut RSUD Arosuka drg.Musfir Yones Indra mengungkapkan, RSUD Arosuka menegaskan kesiapannya untuk menyelenggarakan jenazah korba covid-19 di Kabupaten Solok. “RSUD Arosuka sudah memiliki standar operasinal prosedur (SOP) pemulasaraan jenazah sesuai dengan keagaman dan kesehatan mulai dari pemandian, pengafanan jenazah sampai ke pemakaman,” bebernya.(H-01)