Satlantas Polres Solsel Serahkan Tabungan Rp600 Ribu per Bulan untuk Ojek dan Sopir

solsel
Satlantas Polres Solsel saat melakukan pendataan terhadap driver calon penerima bantuan Covid-19.

HALOPADANG.ID- Polres Solok Selatan (Solsel) melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) memberikan bantuan berupa tabungan sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan kepada driver yakni sopir truk, sopir travel, tukang ojek pangkalan, sopir oplet dan pembawa becak motor.

Bantuan itu diberikan pada masyarakat dengan kriteria tersebut yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19 dan bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Padang Aro.

Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto didampingi Kasat Lantas AKP Dwi Yulianto pada Selasa (21/4/2020) di Ruang Terbuka Padang Aro menyatakan penerima bantuan sudah mulai mendaftarkan diri sejak Jumat (17/4) hingga kuota bantuan tabungan senilai Rp600 ribu untuk 400 pengendara terealisasi.

“Kriteria penerima bantuan ini adalah yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), bantuan yang akan mereka terima Rp600 ribu dalam bentuk tabungan,” katanya.

Pihaknya, mulai menyalurkan tabungan itu selama tiga bulan terhitung April- Juni 2020, dan untuk driver yang tidak memiliki SIM atau SIMnya mati, maka tidak akan mendapatkan jatah bantuan tabungan.

“Sebab yang akan mendapatkan bantuan, adalah pengendara yang patuh dan memenuhi prosedur berkendara,” sebutnya.

Namun yang tidak memiliki SIM atau SIMnya mati sangat minim. Artinya, tingkat kepatuhan sopir atau driver sangat tinggi dalam menjalankan prosedur berkendara di jalan raya.

“Yang tak punya SIM atau SIMnya mati, tidak dapat menerima bantuan tabungan ini. Ini sudah menjadi prosedur bagi kita,” ucapnya.

Kasat Lantas Polres Solsel, AKP Dwi Yulianto melanjutkan, bahwa pendataan driver tersebut dilakukan di Ruang Terbuka Padang Aro, yang setiap harinya pendaftar dibatasi sebanyak 50 orang. Hal ini dalam penerapan jarak atau psycal distancing yang ditetapkan oleh pemerintah.

Setelah 400 peserta itu, imbuhnya maka pendaftaran telah ditutup. Sebab, dari data yang dimiliki oleh Satlantas. Jumlah tersebut dapat menampung kriteria yang sudah ditetapkan.

“Bantuan keselamatan lalulintas dalam kondisi wabah corona kita salurkan ke driver, merupakan kerjasama kita dengan Bank BRI,” ulasnya.

Dia mengimbau, agar setiap pengendara di jalan raya hendaknya mematuhi aturan, memakai helm dan membawa surat-surat kendaraan.

Dilarang menelpon saat berkendara, atau berhenti disembarangan tempat demi keselamatan di jalan.

Sebab saat musim corona ini, stabilitas ekonomi terganggu. Sehingga jangan berikan kesempatan terhadap pelaku kejahatan di jalan.

“Saat berkendara bawa kelangkapan surat jalan, jangan menelpon saat berkendara atau berhenti disembarangan tempat,” harapnya.

Begitu juga saat berkendara, diharapkan memakai masker saat bepergian. Baik dalam jarak dekat maupun jauh dari rumah, kekantor dan lainnya.

Serta membatasi perkumpulan antar sesama pengendara dalam memutus mata rantai wabah corona di daerah.

“Jangan lupa pakai masker saat bepergian, ini sangat kita harapkan,” tuturnya. (SS-01)