Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang Kedua Diundur Menjadi Selasa

Ilustrasi

Halopadang.id – Pemerintah menunda pembukaan pendaftaran program kartu prakerja gelombang kedua. Semula pembukaan akan dilakukan pada hari ini, namun pemerintah memutuskan untuk melakukannya pada Selasa (21/4/2020).

Pemerintah seharusnya membuka pendaftaran setiap minggunya mulai hari Senin pukul 08.00 WIB sampai Kamis pukul 16.00 WIB. Proses verifikasi penerimaan berlangsung setiap tiga hari ke depannya

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, mundurnya pembukaan pendaftaran gelombang kedua dikarenakan pemerintah masih fokus melakukan verifikasi data 200.000 peserta gelombang pertama. Sebab, dirinya ingin agar program kartu prakerja ini bisa tepat sasaran.

“Gelombang kedua dimulai besok. Karena kami fokus gelombang pertama untuk melakukan langkah-langkah ekstra verifikasi,” ujarnya dalam telekonferensi, Senin (20/4/2020).

Nantinya lanjut Panji, pembukaan pendaftaran kartu prakerja ini akan bersamaan dengan pengumuman peserta yang lolos pada gelombang pertama lalu. Akan ada 200.000 peserta yang nantinya akan dinyatakan lolos oleh pemerintah untuk mengikuti pelatihan.

Hanya saja lanjut Panji, dirinya masih belum bisa memastikan kapan waktu persisnya gelombang kedua ini akan dibuka. Namun yang pasti, pengumuman akan dilakukan lewat website resmi dari program kartu prakerja.

“Kami akan umumkan lewat dashboard Program Kartu Prakerja. Kami berusaha agar ini simultan dengan pengumuman gelombang pertama, sampai sekarang masih kami lakukan proses-proses untuk selesaikan langkah ini,” jelas Panji.

Adapun pada gelombang kedua nanti, pemerintah juga hanya akan menyaring 200.000 peserta saja. Namun untuk bisa sesegera mungkin menyalurkan program ini kepada masyarakat, pihaknya akan meminta kepada para platform digital yang ditunjuk sebagai mitra untuk bekerja sama.

“Gelombang kedua, kami sasarkan tetap 200.000. Kami perlu evaluasi dan kesiapan sistem dan para mitra untuk lihat kenaikan volume lebih tinggi lagi. Ini akan dievaluasi tiap minggu,” kata Panji.(002)