Hasil Uji Swab: Dua Lagi Pegawai Puskesmas di Pesisir Selatan Positif Corona

ilustrasi

Halopadang.id – Dari hasil pengujian 22 sampel petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Koto XI Tarusan Pesisir Selatan, 2 orang lagi dinyatakan positif terinfeksi corona virus disease 2019 (Covid-19).

Hal itu disampaikan Rinaldi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Pesisir Selatan selaku juru bicara Covid-19 daerah setempat, Minggu (19/4/2020) melalui rilis yang disampaikan ke sejumlah media. Disebutkannya, dari 22 sampel tersebut, 2 orang dinyatakan positif, 2 inconclusive (tidak valid) dan 18 negatif.

“Pasien positif bertambah menjadi 8 orang, setelah keluar hasil uji swab dari labor Biomedik Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Unand sebanyak 22 sampel. Hasilnya, 2 positif, 2 inconclusive (tidak valid) dan 18 negatif,” kata Rinaldi.

Dua orang terkonfirmasi positif baru tersebut adalah perempuan dan ASN di Puskesmas Tarusan.

“Dengan demikian, sudah 40 sampel yang telah keluar hasil uji swab dalam kasus Puskesmas Tarusan ini. Sebelumnya 18 sampel dengan hasil 2 positif dan 16 negatif,” ujarnya.

Dari total 8 orang terkonfirmasi positif tersebut, menurut Rinaldi dua kasus di awal sudah sembuh.

Sementara itu, tiga orang pasien masih dalam pengawasan (PDP). Dua orang dirawat di RSUD M Zein Painan dan 1 orang dirawat di RSUP M Djamil Padang. PDP yang selesai menjalani masa pengawasan 6 orang.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) masih menjalani proses pemantauan sebanyak 64 orang. Selesai pemantauan 222 orang.

Kemudian pelaku perjalanan atau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih menjalani masa pemantauan sebanyak 2.334 orang. Sedangkan yang sudah selesai pemantauan berjumlah 2.784 orang, bertambah 279 orang.

“OTG dan ODP yang menjalani karantina di Rusunawa Painan Selatan saat ini berjumlah 72 orang,” tutupnya. (002)