Pemko Padang Sediakan Fasilitas Gratis Setara Hotel Bintang Tiga untuk Warga yang Ingin Isolasi Mandiri

Mahyeldi, Walikota Padang sekaligus salah satu calon yang akan diusung PKS di Pilgub Sumbar

Halopadang.id – Pemerintah Kota Padang menyampaikan warga kota yang terindikasi Corona Virus Disease (COVID-19) dapat melakukan isolasi mandiri di tempat yang telah disediakan dengan fasilitas setara hotel bintang tiga.

“Bagi warga yang keadaannya ringan namun harus melakukan isolasi mandiri silahkan menggunakan fasilitas yang disediakan, semua kebutuhan ditanggung mulai dari makan hingga cuci pakaian yang pendanaan bersumber dari APBD,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Rabu malam pada jumpa pers daring yang difasilitasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar.

Menurut dia empat lokasi yang dijadikan tempat isolasi mandiri di Padang yaitu Bapelkes di Gunung Pangilun, Gedung UPTD Balatkop Dinas Koperasi dan UMKM di Ulak Karang Utara, Asrama Diklat BPSDM Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan dan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Bandar Buat.

Ia menyampaikan di tempat ini satu pasien disediakan satu kamar dan semua fasilitas disiapkan secara gratis.

“Ini bertujuan agar masyarakat yang melakukan isolasi mandiri lebih nyaman dan bisa segera pulih,” ujarnya.

Oleh sebab itu jika ada warga yang diharuskan menjalani isolasi mandiri silakan memakai fasilitas tersebut, lanjut dia.

Pada sisi lain ia menyambut baik keinginan Hotel Grand Zuri Padang menjadi tempat isolasi mandiri bagi tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 di Padang.

Mahyeldi mengatakan jika RSUD Rasidin yang telah ditetapkan menjadi rumah sakit khusus COVID-19 mulai beroperasi akan membutuhkan tempat bagi tenaga medis untuk isolasi mandiri.

“Saya menyambut baik jika hotel Grand Zuri dijadikan tempat isolasi mandiri bagi tenaga medis. Asalkan bisa sesuai dengan aturan dan Standar Operasional (SOP) yang telah ditetapkan “, katanya.