Di Tengah Pandemi Corona, Pocong Semakin Mendunia

Halopadang.id – Kisah pocong yang turut andil menghadapi pandemi Corona di Indonesia tak hanya masuk berita Korea Selatan. Ramai media asing yang ikut memberitakannya.

Peran Pocong dalam menertibkan warga untuk tetap di rumah di masa Pandemi Corona di Purworejo menarik perhatian media internasional. Tidak hanya media Korea Selatan yang mengangkat peran pocong, namun ramai media internasional lain yang juga tertarik dengan Pocong. 

Dirangkum Halopadang.id, media yang berbasis di London, Inggris yaitu Reuters turut memberitakan peran Pocong dalam membantu menertibkan warga untuk tetap di rumah. Mereka mengangkat pocong dengan judul’Ghosts’ scare Indonesians indoors and away from coronavirus.

Media South China Morning Post yang berada di Hong Kong juga memberitakan Pocong dengan judul ‘Ghosts’ deployed to scare Indonesians into staying home to slow spread of the coronavirus. Tak ketinggalan juga media Prancis France24 tentang taktik Indonesia menggunakan hantu untuk melawan Corona dengan judul Scare tactics: Indonesian town deploys ‘ghosts’ to battle coronavirus.

Media lain yang juga memberitakan Pocong adalah CNN yang memberi judul ‘Ghosts’ try to spook people off streets during coronavirus in Indonesia yang artinya hantu coba takuti warga di jalan saat Corona di Indonesia. CNN pun menggambarkan Pocong bukanlah hantu yang lincah karena bergerak dengan cara melompat dalam kondisi tangan dan kaki terikat kain kafan.

Media Uni Emirat Arab yaitu Gulf News mengangkat peran pocong di pandemi dengan judul Ghosts’ scare Indonesians indoors and away from COVID-19. Begitu juga dengan BBC yang menuliskan kisah keberadaan Pocong di tengah wabah Corona ini.

Rata-rata media asing menyoroti bagaimana kreatifitas warga untuk menertibkan lingkungan demi kepentingan bersama di tengah wabah corona.(002)