Warga Pasaman Barat yang Positif Corona Pernah Nginap di Rumah Pasien Terinfeksi

guru
Ilustrasi corona

HALOPADANG.ID–Seorang warga Paroman, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Corona Virus Disease (COVID-19) setelah menerima hasil swab dari laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang.

“Kami telah menerima hasil swab dari laboratorium Unand Padang yang menyatakan satu orang warga Talamau inisial R berjenis kelamin perempuan positif terinfeksi corona,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Yulianto didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Pasaman Barat saat konferensi pers di Simpang Empat, Rabu (15/4) dilansir dari Antarasumbar.com.

Ia mengatakan pasien positif itu mempunyai riwayat pernah menumpang menginap di rumah pasien positif corona yang meninggal dunia di Padang dan telah dimakamkan di PasamanBarat beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

Jadi yang bersangkutan diduga terinfeksi setelah kontak langsung dengan almarhumah positif corona saat menumpang menginap di rumah almarhumah di Kota Padang.

Ia mengatakan pihaknya telah malakukan evakuasi dan direncanakan akan langsung dirawat di rumah sakit di Kota Padang.

Selain itu juga akan melakukan tracking dan tes swab kepada keluarga R dan pengawasan mandiri terhadap mereka.

Selanjutnya akan menelusuri riwayat keluarga pasien dan riwayat sosial untuk memutus rantai penyebaran corona.

Ia mengimbau warga Pasaman Barat untuk tetap tenang dan mengikuti anjuran pemerintah dalam rangka menanggulangi corona.

Diketahui pasien inisial R itu positif corona setelah keluar hasil tes swab dari laboratorium Unand yang diiperiksa bersama 15 orang lainnnya.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

“Sedangkan 15 orang lainnya yang menjalani tes swab hasilnya negatif,” jelasnya.

Tes swab terhadap 16 orang itu dilakukan karena diduga mereka menjalani kontak langsung dan tidak langsung dengan almarhumah yang positif corona.

Almarhumah sebelumnya telah menjalani perawatan di RS M Djamil Padang dan meninggal dunia. Almarhumah dimakamkan di kampung halamannya Paroman Kecamatan Talamau Pasaman Barat.(R-01/ANT)