Rumah Sakit Khusus Corona Ada di Batam, Tampung 1000 Pasien

rumah sakit
Fasilitas Rumah Sakit di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang sudah siap digunakan. Foto Kementerian PUPR

HALOPADANG.ID—Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan fasilitas rumah sakit atau observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya virus corona (Covid-19) di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pembangunan fasilitas tersebut sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo dan telah siap beroperasi pada hari ini Senin (6/4). Pembukaan rumah sakit dilakukan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Rencana kapasitas tampung fasilitas tersebut sebanyak 1.000 tempat tidur, dimana pada Tahap I telah dibangun fasilitas dengan daya tampung 360 tempat tidur. Pembangunan fasilitas penampungan/observasi/isolasi penyakit menular di Pulau Galang dibagi menjadi 3 Zonasi, yakni Zona A (Renovasi Eks Sinam) meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.