Andre Rosiade Resmikan Penggunaan BTS di Kamang Bakti Sijunjung

HALOPADANG.ID – Harapan warga Kamang Bakti, Kabupaten Sijunjung untuk mendapatkan sinyal telekomunikasi akhirnya terwujud. Ini seiring dengan diresmikannya penggunaan tower atau menara BTS (Base Transceiver Station) di Jorong Kamang Bakti, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) oleh anggota DPR RI, H Andre Rosiade, Minggu (24/3/2024).

Andre Rosiade menyampaikan apresiasinya kepada Telkomsel yang dengan sigap menindaklanjuti harapan warga untuk mendapatkan sinyal telekomunikasi.

“Terima kasih kepada Dirut Telkomsel Nugroho yang sudah memberikan BTS ini dengan cepat. Ada beberapa titik selain di Kamang Bakti ini, seperi Tanjung Labuah, Paru, dan Solok Amba. Ada yang sudah dibangun dan dalam proses 2024. Nanti 2025 kita lanjutkan di nagari-nagari lain,” kata Andre Rosiade di sela-sela peresmian tower BTS. Turut hadir Pj Wali Nagari Kamang Mardalius dan Ketua DPC Gerindra Sijunjung Syahril Syamra.

Pembangunan tower BTS ini kata Andre, terwujud berkat adanya koloborasi antara dirinya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung. Meski berbeda partai, kata anggota DPR RI asal Sumbar ini, pembangunan tower BTS ini bisa diwujudkan jika dilakukan bersama-sama. Perbedaan politik tidak harus menjadi penghambat untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat.

“BTS bisa terbangun berkat kolaborasi. Meski kami beda partai, tapi saat menjabat tetap bekerja sama. Semua boleh berbeda partai. Tapi setelah menjabat menjadi petugas rakyat, harus bisa bekerja sama,” tutur ketua DPD Partai Gerindra Sumbar.

Peraih suara DPR RI tertinggi di Sumbar ini menilai peran Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam membangun daerah sangat luar biasa. “Kami lihat Pak Bupati bekerja sangat luar biasa. Karena yang menang Pilpres keberlanjutan, bukan perubahan. Semoga di Sijunjung juga dilanjutkan oleh Pak Bupati,” harap Andre.

Ke depan kata Andre, kolaborasi untuk pembangunan Sumbar harus terus dilakukan, khususnya di Kabupaten Sijunjung. Ditambah lagi Prabowo Subianto tidak berapa lama lagi akan dilantik sebagai Presiden RI ke-8. Dengan demikian kata Andre, akan lebih banyak “kue pembangunan” yang dibawa ke Sumbar.

“Kita akan terus membantu Sijunjung dengan berkolaborasi dengan Bupati. Apalagi kabupaten yang menjadi tempat Prabowo menang. Kita buktikan Prabowo presiden, pembangunan Sumbar lebih baik. Kita tidak ‘omon-omon’ tapi kerja nyata. Setelah Prabowo dilantik, kami bawa menteri-menteri untuk koordinasi dengan Bupati dalam rangka pembangunan,” ujar Andre.

“Kami punya ide jalan di Sijunjung, Sawahlunto, Tanahdatar sampai ke Payakumbuh bisa lebih baik. Sekarang rusak parah. Kita pastikan Dirjen Kementerian PUPR mana yang akan bisa menyelesaikan,” sambung Andre.

Pj Wali Nagari Kamang Mardalius mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade yang telah berperan besar sehingga terealisasinya tower BTS di daerah tersebut. Pembangunan tower ini merupakan usulan langsung dari Bupati Sijunjung yang difasilitasi oleh anggota DPR RI Andre Rosiade.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Andre Rosiade yang telah merealisasikan pendirian tower. Ini adalah jawaban dari doa-doa kami. Kini Kamang Bakti dan Timpeh secara umum sudah bisa menggunakan HP,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyebutkan, pembangunan tower BTS ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, salah satunya daerah Kamang Bakti yang selama ini kesulitasn menggunakan perangkat telekomunikasi karena tidak maksimalnya sinyal telekomunikasi di daerah tersebut.

Dengan adanya tower ini, kini masyarakat sudah bisa melakukan hubungan komunikasi dengan lancar, termasuk dengan para perantau yang berada di luar Sijunjung.

“Ini luar biasa. Pembangunan tower BTS menjadi kebutuhan. Banyak warga yang minta, mereka selama ini merasa belum merdeka kalau belum dapat sinyal telekomunikasi. Sekarang, mereka sudah bisa berkoordinasi dengan perantau lewat sambungan telepon,” tuturnya.

Benny menjelaskan, permintaan tower ini sebenarnya telah diusulkan sejak lama. Barulah kemudian ketika bertemu dengan Andre Rosiade, usulan itu langsung ditindaklanjuti dengan cepat.

“Kami sangat bersyukur. Ini buah perjuangan. Tidak tahu sudah berapa banyak permintaan tower ini kami kirim sejak 2020, 2021 dan 2022, tapi belum juga terwujud. Pada 2023, saya kemudian menemui Pak Andre di DPR. Ternyata tak lama. Beberapa saat setelah itu langsung datang pejabat Telkomsel ke kantor kami, mendiskusikan berapa lagi blankspot yang ada di Sijunjung. Sekarang sebagian sudah dieksekusi,” terang Benny.

Benny menyampaikan apresiasi yang besar kepada Andre Rosiade yang selama ini sudah banyak berjuang demi pembangunan di Kabupaten Sijunjung. “Sudah banyak bantuan Pak Andre di Sijunjung. Kami sangat berterima kasih. Banyak harapan kami. Seperti migas dan lainnya. Kami yakin dengan kinerja Pak Andre, semua bisa terwujud. Kita doakan Pak Andre sehat selalu,” tutup Benny. (HP-002)