Wagub Pimpin Tim Safari Ramadan dan Ingatkan Soal Anugerah Desa Wisata Indonesia

HALOPADANG.ID – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy mengaku nyaman berkunjung ke Sungai Janiah, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar pada Sabtu (16/3/2024).

Hal ini diakuinya saat memimpin Tim Khusus Safari Ramadan (TKSR) provinsi, yang berkunjung ke Masjid Darul Amal Sungai Janiah, Sabtu (16/3/2024).

“Tidak salah wilayah ini bernama Sungai Janiah. Airnya bersih, suasana sejuk dan adem. Saya merasa nyaman dan tenteram di sini,” ujarnya.

Bahkan dia juga mengaku, kunjungan ke Sungai Janiah termasuk safari yang disenanginya, karena alamnya sangat indah.

“Apalagi orangnya di sini ramah-ramah, kita yakin di sini orangnya jarang emosian,” sebut Audy sembari bergurau dengan warga.

Terlebih di sini juga terdapat satu kolam yang memiliki cerita rakyat yaitu, legenda ikan sakti Sungai Janiah. Bahkan menjadi ciri khas sendiri bagi wilayah itu.

Kolam ini berada persis di belakang Masjid Darul Amal yang dikunjungi Wagub Sumbar tersebut.

“Ini sangat cocok menjadi objek wisata di Kabupaten Agam khususnya Baso. Selain alamnya sejuk dan adem, juga terdapat cerita rakyat yang menceritakan asal muasal ikan sakti,” katanya.

Cerita ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung, karena penasaran bagaimana asal muasalnya ikan sakti ini.

Bahkan Audy Joinaldy minta Ikan Sakti Sungai Janiah didaftarkan masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. (HP-002)