Pesantren Ramadan di Padang, Wawako Sebut Soal Kepemimpinan

HALOPADANG.ID – Kegiatan Pesantren Ramadan 1445 H/2024 bagi peserta didik tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Kota Padang, serentak dimulai Kamis ini (14/3/2024).

Program keagamaan yang diinisiasi Pemerintah Kota Padang itu, akan berlangsung dari 14 Maret hingga 5 April 2024, dengan mengangkat tema “Wasilah Melahirkan Kepemimpinan Islami pada Generasi Muda Kota Padang”.

“Kegiatan ini merupakan program khusus untuk membentuk generasi muda Kota Padang yang qurani, berkarakter dan berakhlak mulia. Selama pelaksanaan anak-anak akan ditempa ilmu agama begitu pula kegiatan ekstrakurikuler keagaamaan lainnya,” ungkap Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar di Masjid Nurul Yaqin Berok Siteba, Kecamatan Nanggalo, Kamis (14/3/2024) pagi.

Ekos Albar mengatakan program Pesantren Ramadan telah berlangsung selama 20 tahun. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun sebagai pengganti jam belajar bagi murid SD, SMP ataupun SMA sederajat sewaktu di bulan Ramadan.

“Semoga pelaksanaan Pesantren Ramadan tahun ini berjalan dengan lebih baik. Kesuksesan kegiatan ini butuh dukungan dan dorongan dari semua pihak. Baik pengurus masjid, para guru, instruktur serta elemen masyarakat dan terutama dari keluarga peserta didik di rumah,” imbuhnya.

Pesantren Ramadan kali ini diikuti peserta sebanyak 87.304 orang. Peserta kegiatan terdiri dari murid SD dan MIN dari kelas 4 hingga kelas 6, lalu murid SMP dan SMA sederajat. Sekitar 1.800 lebih masjid dan musala jadi tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.(HP-002)