Calon Jemaah Haji Tes Kebugaran, Diminta Berjalan Atau lari Hingga 1,6 Km

HALOPADANG.ID – Sebanyak 35 orang Calon Jamaah Haji, asal Kecamatan Pauh Kota Padang, melakukan tes kebugaran di Puskesmas Pauh, Sabtu (02/03/2024)

Kepala Puskesmas Pauh dr Mela Aryati menjelaskan, tes kebugaran sekaligus edukasi terkait persiapan fisik para Calon Jemaah Haji, untuk menjaga kondisi kesehatan.

“Peserta diminta berjalan atau berlari sesuai apa yg di mampu menempuh jarak 1.6 km,” kata Mela didampingi dokter pembina jamaah haji dr. Lusiana.

Lusiana mengatakan, persiapan kebugaran fisik bagi calon jamaah haji sangat dibutuhkan, sehingga nantinya para calon jamaah haji dapat mengikuti rangkaian ibadah dengan lancar.

Selain mempersiapkan kebugaran fisik, Lusiana juga mengingatkan para jamaah untuk menyediakan cairan yang cukup, guna menghindari dehidrasi.

“Hari ini kita lihat, kondisi kebugaran jemaah cukup baik, didominasi dengan tingkat kebugaran yang cukup,” kata Lusiana.

Kegiatan tes kebugaran ini mendapat sambutan dan apresiasi yang sangat baik dari para calon jemaah haji.

Eva salah seorang calon jamaah haji asal Kecamatan Pauh ini mengatakan, sangat berterima kasih dengan adanya tes kebugaran yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan Puskesmas Pauh.

“Ini sangat membantu kami dalam mempersiapkan diri, terutama kesiapan fisik dalam rangka menunaikan rukun Islam ke lima,” ucapnya. (*)