Andre Rosiade Bantu Biaya Pengobatan Pustakawan yang Terkena Kanker Payudara di Padang

HALOPADANG.ID – Sejak setahun terakhir, Suci Hati Yuliandini (38) tak lagi bisa bekerja sebagai pustakawan honorer di salah satu SMA di Kota Padang. Karena badannya tiba-tiba sakit dan setelah diperiksa ternyata terkena kanker payudara. Meski punya BPJS, tapi biaya berobat tetap tinggi, belum lagi biaya tiga anaknya yang masih kecil.

Suci, sejak anak ketiganya lahir tujuh tahun lalu sudah ditinggal begitu saja oleh suaminya yang entah kemana. Kini, dia bersama tiga orang anaknya yang masih SMP dan SD tinggal di rumah orang tuanya di Wisma Indah V Blok J/1, RT 3 RW 10, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Dia tak bisa lagi mencari nafkah, karena harus menjalani kemoterapi selama 8 kali. Berjarak satu bulan masing-masingnya.

“Sejak dinyatakan kanker payudara, kesehatan saya terus menurun, bahkan tak bisa berjalan lagi. Sekarang anak saya yang SMP dan SMA itu yang mengurus, kadang mereka tak sekolah,” kata Suci saat didatangi Tim Andre Rosiade ke rumahnya Selasa (20/2) untuk menyerahkan bantuan uang tunai untuk berobat dan sembako untuk kebutuhan sehari-hari.

Suci mendapatkan bantuan dari anggota DPR RI Andre Rosiade melalui Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Nurhaida dan dua wakil bendahara Hendra Afnezola dan Rina Shintya Ningsih. Bantuan itu bisa digunakan Suci untuk berobat dan juga makan sehari-hari. Karena, saat ini kehidupan keluarga kecil itu sedang tidak baik-baik saja. Banyak bergantung pada tetangga.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade atas bantuan kepada kami. Semoga ini berkah untuk kita semua dan bapak sukses selalu. Kami juga beruntung punya tetangga-tetangga yang baik yang sering memberikan makanan dan bantuan lainnya,” kata Suci yang sebelumnya juga merawat ibunya yang sakit jantung Nila Kusma (60) dan sekarang dirawat adiknya di Padangpanjang.

Suci menyebut, dia sudah menjalani kemoterapi sebanyak 8 kali di RSUP M Djamil. Sekarang menunggu pemeriksaan terakhir, dan berharap tidak ada lagi sel kanker yang bersarang di badannya. “Hari itu sudah dioperasi, lalu dikemo sebanyak 8 kali. Semoga sekarang bisa benar-benar sembuh. Karena sebelumya kata dokter sudah meyerang tulang,” katanya yang menyebut bantuan dari Andre Rosiade akan dipakai untuk berobat dan makan sehari-hari.

Ijap, tokoh masyarakat setempat mengaku sangat kasihan dengan kondisi Susi, juga tiga orang anaknya. Dia meminta warga atau tetangga selalu mengantarkan bantuan ke rumah Suci. “Alhamdulillah, ada bantuan dari pak Andre Rosiade. Meski Pemilu sudah lewat, tapi bantuan pak Andre selalu jalan. Sangat bermanfaat untuk warga kami,” katanya.

Nurhadia yang juga Sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar menyebutkan, saat mendapatan informasi dari warga ada yang butuh bantuan, dia langsung diminta mengantarkan. “Ini adalah amanah dari pak Andre Rosiade yang kami serahkan kepada bu Suci. Seorang pustakawan honorer SMA di padang. Semoga bisa bermanfaat untuk berobat dan biaya sehari-hari,” kata Nurhaida.

Dihubungi terpisah, Andre Rosiade mengatakan, bantuan yang diberikan ini akan terus berlanjut dan tidak ada hubungannya dengan Pemilu. “Pemilu sudah berlalu, tapi kader Gerindra diminta pak Prabowo Subianto terus membantu warga. Inilah yang kami lakukan sejak lama, dan tidak akan berhenti karena kontestasi atau alek demokrasi sudah usai,” kata Anggota DPR RI asal Sumbar yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar ini. (HP-003)