Sumut Sport Centre Siap Sambut PON Aceh-Sumut 2024

HALOPADANG.ID – Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) membangun fasilitas olahraga Sumut Sport Center yang terletak di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebuayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat kunjungannya meninjau kesiapan pembangunan Sumut Sport Center pada Jumat (16/2/2024) mengatakan dengan adanya Sport Center bisa melahirkan atlet-atlet dari Sumatera.

“Bukan hanya bereputasi nasional tapi bisa meraih prestasi internasional, khususnya di kancah sepakbola,” kata Menko Muhadjir melalui keterangan resminya, Sabtu (17/2/2024).

Sumut Sport Center merupakan kompleks olahraga yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sumut dan akan dimanfaatkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan diselenggarakan pada 8-20 September 2024.

Sumut Sport Center didirikian dilahan seluas 300 hektar, memiliki beberapa arena yang terdiri dari Stadion Utama, Stadion Madya Atletik, Stadion Aquatik, dan arena pertandingan olahraga lainnya.

Menko Muhadjir melihat berbagai progress yang telah dilakukan dan mengapresiasi arena olahraga yang sangat mumpuni dari segi kualitasnya. Berdasarkan pemaparan dari pihak pengembang, sejauh ini, progress Stadion Atletik sudah mencapai 98 persen.

“Objek pengerjaan berupa dua lapangan sintetis atletik dengan tribun berkapasitas 2.500 penonton. Untuk stadion atletik sudah siap digunakan untuk cabor lari, lompat, dan lempar,” kata Menko Muhadjir.

Peninjauan berlanjut ke Stadion Utama Sumut. Progress pembangunan stadion masih 30 persen yang direncanakan rampung pada akhir Juli 2024. Stadion Utama Sumut digadang menjadi stadion teranyar dan terbesar di Sumut dengan kapasitas 25.750 penonton.

“Sudah sangat bagus. Ada benchmarknya dengan Stadion Manahan, stadion terbaik di Indonesia. Tadi saya sarankan supaya piknik keluar melihat yang reputasi seperti Real Madrid, Manchester United, supaya tenaga sipil kita bisa belajar ke sana,” kata Menko Muhadjir.

PJ Gubernur Sumut Hasannudin menyampaikan bahwa pembangunan Sumut Sport Center merupakan impian dari masyarakat Sumut agar memiliki kawasan kompleks olahraga. Selain itu, juga akan dibangun plaza sebagai pusat perekonomian.

Kompleks olahraga yang dibangun dilokasi strategis dekat dengan bandara ini, kata Hasannudin diharapkan dapat menghidupkan perekonomian masyarakat Kabupaten Deli Serdang dan sekitarnya.

“Harapannya pembangunan berjalan baik dan ekonomi masyarakat juga semakin baik,” kata Hasannudin.(HP-002)