Sumbar Terima Bantuan 7000 Unit APD

apd
Anggota TNI mengeluarkan APD dari pesawat di Lanud Sutan Sjahrir Padang, Selasa (7/4).

HALOPADANG.ID — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) baru saja menerima bantuan berupa 7.000 set Alat Perlindungan Diri (APD) dan 35.000 lembar masker dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Gugus Pusat Penanganan Covid-19, Selasa (7/4). Bantuan tersebut tiba sekitar pukul 14.00 WIB di Pangkalan Udara Sutan Sjahrir, Padang.

Wakil Gubernur, Nasrul Abit mengatakan, APD dan masker dari BNPB itu telah langsung dibagkan ke 27 rumah sakit di Sumbar yang menangani pasien Covid-19.

“Untuk jumlah pembagiannya, bisa dibilang hampir merata di semua rumah sakit, kecuali untuk RS M. Djamil serta RS Khusus Covid-19, RSUD Dr. Rasidin dan RSUD Pariaman. Kalau tidak salah, RS M. Djamil mendapat sekitar 500 set APD, sedangkan RSUD Dr. Rasidin dan RSUD Pariaman mendapat masing-masing 400 set,” kata Nasrul saat, Selasa (7/4).

Menurut Nasrul, dengan adanya kelengkapan APD ini diharapkan bisa membantu petugas kesehatan yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Insya Allah ini bisa membantu petugas-petugas kita yang saat ini berada di garda terdepan. Bagaimanapun, mereka ah yang berjuang paling keras agar Covid-19 tidak menulari lebih banyak lagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menerangkan, salah satu tantangan terbesar dalam penanganan Covid-19 adalah memastikan agar para tenaga kesehatan tidak ikut terpapar virus tersebut. Untuk itu, keberadaan APD sangatlah penting artinya bagi penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah, kita sudah terima bantuan APD dan masker dari gugus depan. Semoga bantuan ini bisa berguna, khususnya bagi tenaga kesehatan di rumah sakit, dalam menangani penyebaran virus corona di Sumbar,” ucap mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu.(Q-01)