Pemko Padang Berikan Bantuan 955 Unit Sarana dan Prasarana Alat Tangkap Ikan

HALOPADANG.ID – Pemerintah Kota Padang telah memberikan bantuan 955 unit Sarana dan Prasarana Alat Penangkap Ikan (API) kepada nelayan-nelayan di Kota Padang.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatqkan, bantuan kepada kelompok usaha bersama (KUB) nelayan diserahkan dari tahun 2021-2023.

“Sebanyak 955 API terdiri dari 5 jenis alat tangkap seperti bubu, jaring, mesin tempel, pancing dan perahu dan 4 Jenis perlengkapan nelayan fish box, genset, gps, dan lampu sorot,” kata Hendri Septa, Jumat (22/9/2023)

Selain alat, Pemko Padang juga telah memnerikan hibah berbentuk uang sebesar Rp65 Juta kepada nelayan-nelayan di Padang.

Sementara hibah berbentuk barang pengolahan perikanan sebanyak 128 unit barang.

Ia menambahkan hingga saat ini, pemerintah terus menjalankan program kesejahteraan nelayan melalui Dinas Perikanan dan Pangan

Di antaranya program pengelolaan perikanan tangkap meliputi penyediaan prasarana usaha perikanan tangkap pengembangan kapasitas nelayan kecil.

Lalu program pengelolaan perikanan budidaya meliputi pengembangan kapasitas pembudidaya ikan kecil, bibit ikan, penyediaan sarana dan prasarana pembudidaya ikan dalam daerah.

Selanjutnya program pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Meliputi pelaksanaan bimbingan dan penerapan persyaratan atau standar pada usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil, hibah barang pengolahan hasil perikanan, pemberian fasilitas bagi pelaku usaha perikanan skala mikro dan kecil dalam daerah, hibah barang serta program pemberdayaan lainnya. (HP-001)