Minangkabau Bersepeda, Alek Besar Peringatan HUT Sumbar di Seputaran Singkarak

HALOPADANG.ID – Dalam rangka memeriahkan peringatan ulang tahun Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke-78, event Minangkabau Basapeda Salingka Singkarak akan digelar pada Sabtu, 30 September 2023 mendatang. Ditargetkan sebanyak 10 ribu peserta dari berbagai komunitas dan instansi berbagai daerah akan meramaikan ajang sepeda santai ini.

Hal itu terungkap dalam rapat finalisasi persiapan Minangkabau Basapeda Salingka Singkarak pada Jumat (15/9/2023), di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar, Jl. Rasuna Said, Padang.

Kadispora Sumbar Maifrizon didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga, Rasydi Sumetry, dalam rapat tersebut menyatakan optimismenya bahwa peserta sepeda yang akan menjalani rute berkeliling Danau Singkarak itu akan membludak.

“Terhitung hanya dua minggu lagi kegiatan Minangkabau Basapeda akan dilaksanakan. Alhamdulillah target 10 ribu peserta kegiatan Minangkabau Basapeda ini hampir tercapai. Tidak hanya dari Sumatera Barat, Minangkabau Basapeda ini juga diikuti oleh peserta dari Riau, Jambi, hingga Medan,” ujar Maifrizon.

Maifrizon menjelaskan, kegiatan ini akan dimulai dari Dermaga Singkarak pada pukul 08.00 WIB dengan menyisiri danau sepanjang 57 kilometer ke arah utara. Kemudian peserta akan melalui checkpoint pertama di Intake PLTA Malalo, lalu checkpoint kedua di Lapangan Ondoh, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, hingga akhirnya finish di Dermaga Singkarak.

Harapannya, Minangkabau Basapeda juga mampu berdampak kepada pariwisata dan perekonomian di Sumatera Barat. Salah satunya wisata alam Danau Singkarak akan menjadi pariwisata andalan bagi pengunjung dan peserta nantinya.

Disamping itu, panitia pelaksana juga bekerja sama dengan pemerintah kabupaten, kota, kecamatan hingga nagari dalam melibatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan ini.

“Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Kabupaten Solok, dan Pemerintah Kota Solok dalam kegiatan Minangkabau Basapeda. Menghimpun UMKM yang ada di sekitar rute perjalanan, diharapkan melalui kegiatan ini akan membantu juga dalam peningkatan UMKM yang ada,” papar Maifrizon.

Rencananya, rombongan Minangkabau Basapeda akan dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Sebanyak 10.000 kupon juga akan dibagikan dalam rangka pembagian doorprize

Hadir mengikuti rapat tersebut perwakilan dari OPD terkait di lingkup Pemprov Sumbar, perwakilan dari Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, serta pihak kepolisian dan wali nagari setempat. (HP-003)