Bupati Tanah Datar Buka Festival Pesona Nagari Tuan Kadi

HALOPADANG.ID – Ditandai dengan makan Lopek Baisi secara serentak, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM secara resmi membuka Progam Unggulan (Progul) Satu Nagari, Satu Event Festival Pesona Nagari Tuan Khadi, dilapangan Guguak Piliang Bukik, Nagari Padang Gatiang, Sabtu (29/7/2023).

Sebelum kegiatan dimulai, sebanyak 3.200 buah Lopek Baisi dibagikan oleh panitia secara gratis kepada siapa saja yang hadir di Festival Pesona Nagari Tuan Khadi tersebut.

Bupati Eka Putra mengatakan selain lezatnya Lopek Baisi, Nagari Padang Ganting juga terkenal memiliki beberapa potensi wisata yang bernilai tinggi.Yakni, Makam Tuan Kadhi, Pemandian Air Panas, Batu Jajak Nabi dan Air Terjun Tujuh Tingkat (Aia Tajun Tujuah Tingkek).

Baca Juga :  KPU Sumbar Umumkan 65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2024-2025

“Melalui kegiatan ini, kita berharap potensi wisata di Nagari Padang Ganting dapat dikenal secara luas, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Luhak Nan Tuo ini,” ujarnya.

Bupati Eka Putra mengatakan tarian kolosal yang disajikan di Festival Pesona Nagari Tuan Khadi direncanakan akan ditampilkan pada acara tahunan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar yaitu Festival Pesona Minangkabau (FPM) di tahun ini.

“Nagari Padang Ganting adalah penyelenggara ke enam Satu Nagari, Satu Event di tahun 2023 ini. Insya Allah, tarian Kolasal yang telah kita saksikan bersama-sama tadi akan tampil di FPM tahun 2023,” jelasnya.

Eka Putra juga mengapresiasi para perantau Padang Ganting yang ikut berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan itu. “Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi didukung oleh perantau. Ini menandakan kekompakan masyarakat Nagari Padang Ganting baik di kampung halaman maupun yang ada di perantauan,” ujarnya.

Baca Juga :  Jalur Kereta Api Kayu Tanam-Bukittinggi Direncakan akan Diaktifkan Lagi

Sebelumnya, salah seorang tokoh masyrakat Nagari Padang Ganting Musliar Kasim mengaku bangga dengan terselenggaranya Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi yang akan memberikan begitu banyak dampak positif ke daerah itu.

“Nagari Padang Ganting adalah daerah kebanggaan kita bersama, disini banyak lahir tokoh-tokoh besar, seperti Tuan Kadhi dan banyak lainnya. Melalui acara ini, kita bisa mengenalkannya kembali ke masyarakat luas, disamping promosi potensi wisatanya,” ujarnya. (HP-001)