Harga Gula Pasir di Kota Padang Capai Rp20 Ribu per Kg

gula
Ilustrasi gula pasir
HALOPADANG.ID–Masyarakat Kota Padang terus mengeluhkan harga gula pasir yang semakin melambung tinggi. Pada Selasa (7/4) di Pasar Alai Padang, harga gula pasir sudah menyentuh harga Rp20.000 per kg.
Salah seorang pembeli Rahma (33) warga Alai Parak Kopi terus mengeluhkan harga gula pasir tersebut. Menurutnya, kenaikan harga tersebut hampir mencapai 100 persen dari harga normal sebelumnya.
“Jika harga sebelumnya berkisar antara Rp12.000-13.000 per kg, saat ini harga sudah naik menjadi Rp20.000. Bahkan harga di swalayan dan supermarket ada yang menjual sampai Rp20.500 hingga Rp21.000 per kg,” kata Rahma.
Menurutnya, dengan terus melambungnya harga tersebut hendaknya sudah menjadi perhatian khusus pemerintah saat ini. Apalagi dalam waktu dekat akan memasuki bulan ramadan.
“Meskipun ini sudah masalahnya nasional, hendaknya pemerintah pusat harus cepat tanggap. Mengingat gula pasir merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam rumah tangga,” ungkapnya.
Sementara, saat dikonfirmasi kepada Kelala Dinas Perdagangan Endrizal menyebutkan, saat ini pemerintah sedang mengupayakan gula pasir import. Akan tetapi karena dipengaruhi kondisi covid-19 maka perjalanan gula pasir tersebut tidak sesuai perkiraan.
“Kami sedang mengupayakan secepat mungkin, namun kondisi saat ini menyebabkan perjalanannya sedikit terganggu. Karena dimana berhenti di situ diperiksa dan disterilkan. Jadi perlu waktu tambahan lebih banyak,” terang Endrizal, Selasa (7/4) saat ditemui di kantornya.
Ia menyampaikan, jika dalam waktu dekat gula pasir datang, maka operasi pasar (op) akan segera dilakukan. Dengan sendirinya OP akan mempengaruhi harga dipasaran.
“Kami tetap mengimbau kepada masyarakat supaya bisa mengurangi konsumsi gula pasir. Harga tibggiy disebabkan oleh permintaan tinggi. Jadi jika permintaan menurun ditambah lagi dilakukan OP maka dengan sendirinya nanti harga akan kembali normal,” sebutnya. (W-01)