512 Calon Jemaah Haji Diterbangkan Melalui Kloter 4 dan 6 di Embarkasi BIM

HALOPADANG.ID – Kementerian Agama Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan sebanyak 512 calon jemaah haji (CJH) asal daerah itu tergabung pada kelompok terbang (Kloter) empat dan enam yang berangkat pada 4 dan 7 Juni 2023.

“Calon jemaah haji asal Agam terbagi pada dua kelompok terbang,” kata Kepala Kementerian Agama Agam, Marjanis di Lubukbasung, Jumat.

Ia mengatakan ke 512 calon jemaah haji itu terbagi di kloter empat sebanyak 388 orang dan kloter enam sebanyak 122 orang. Sedangkan 12 orang calon jemaah haji lainnya belum bisa dipastikan kloter mereka.

“Kita masih menunggu Kloter untuk 12 calon jemaah haji tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, keberangkatan Kloter empat ke Asrama Haji Padang pada Rabu (7/6/2023) dan Kloter enam pada Jumat (9/6/2023). Setelah itu calon jemaah haji bertolak ke Makkah untuk menunaikan Rukun Islam tersebut. “Mereka telah kita bekali untuk menasik haji beberapa kali, kesehatan dan lainnya,” katanya.

Baca Juga :  KPU Sumbar Umumkan 65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2024-2025

Ia mengakui, calon jemaah haji yang paling tua dari 512 orang itu atas nama Maimun berusia 91 tahun dari Nagari Manggopoh Kecamatan Lubukbasung.

Sementara termuda atas nama Syifa Rahma Fidella berusia 20 tahun dari Nagari Ampang Gadang Kecamatan Ampekangkek.

Sementara Bupati Agam, Andri Warman mengatakan ibadah haji tahun ini sudah bisa dilaksanakan secara normal pasca COVID-19 selama tiga tahun terakhir. “Saya mengucapkan selamat bagi 512 calon jemaah haji yang tahun ini bakal menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah,” katanya.

Ia menambahkan, haji merupakan ibadah yang cukup berat, disamping membutuhkan biaya besar juga kondisi fisik dan kesehatan. Untuk itu, jaga kesehatan dan kebugaran fisik dalam menunaikan rukun Islam kelima ini.

Baca Juga :  Jalur Kereta Api Kayu Tanam-Bukittinggi Direncakan akan Diaktifkan Lagi

“Saya mendoakan agar seluruh calon jemaah haji diberikan kesehatan dan keselamatan baik pergi maupun kembali ke tanah air,” katanya. (HP-002)