Teriakan Andre Rosiade Gubernur Sumbar Menggema di Pasar Raya Padang

HALOPADANG.ID – Teriakan Andre Rosiade Gubernur menggema di Pasar Raya Padang pada Sabtu (27/5/2023) siang. Bukan tanpa sebab teriakan itu menggema di Pasar Raya Padang. Pasalnya, Anggota DPR RI, Andre Rosiade melakukan kunjungan langsung meninjau persiapan Pasar Raya Fase 7.

“Andre Rosiade Gubernur, Andre Rosiade Gubernur,” sorak masyarakat dan pedagang saat kedatangan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.

Andre yang turun dari parkiran Masjid Taqwa Muhammadiyah langsung bergerak menuju lokasi pembangunan Pasar Fase 7 Pasar Raya Padang itu. Meski teriakan terus menggema, Andre tetap fokus tujuanny melihat lokasi dan juga berdialog dengan puluhan pedagang korban kebakaran di pasar tersebut.

Pada kesempatan itu, perwakilan pedagang, Nurhayati juga menyampaikan curahan hatinya kepada Andre Rosiade terkait kesemrawutan Pasar Raya. “Besar harapan kami kepada Pak Andre Rosiade untuk meneruskan aspirasi kami, karena bapak adalah wakil rakyat kami,” kata perempuan yang akrab disapa Ni An tersebut.

Sementara itu, Andre Rosiade mengatakan? salah satu bentuk nyata dari dirinya dan kader Gerindra di parlemen adalah pembangunan Pasar Raya Fase 7. “Ini bukti nyata kerja kader Gerindra terhadap pembangunan Pasar Raya Fase 7,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Baca Juga :  Andre Rosiade: Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik On the Track

Andre Rosiade yang datang didampingi Sekretaris DPD Gerindra Sumbar yang juga Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri dan anggota DPRD Kota Padang Mastilisal Aye, Budi Syahrial dan Amrantono itu juga menyebut bahwa pembangunan Pasar Raya Fase VII berawal dari dirinya yang mendapatkan aspirasi dari pedang pasar dan Komunitas Pedagang Pasar (KPP) untuk memperjuangkan hal tersebut.

“Kami sebagai anggota DPR RI bersama teman anggota DPRD Kota Padang bertemu dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri. Setelah itu, kami meyakinkan Mendag waktu itu, Muhammad Lutfi untuk datang melakukan kunjungan kerja ke pasar ini,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra.

Kata Andre, Muhammad Lutfi yang melihat langsung dan menilai bahwa pasar ini butuh revitalisasi dan pembangunan kembali kemudian mengerahkan tim gabungan antara Kementerian PUPR dan Kemendag.

Baca Juga :  Pemko Padang Berikan Bantuan 955 Unit Sarana dan Prasarana Alat Tangkap Ikan

Sehingga, keluar rekomendasi teknis dari Kemendag, rekomendasi teknis itu oleh Mendag diantar langsung dengan Andre Rosiade bertemu dengan Menteri PUPR. “Lalu, di dalam pertemuan itu Pak Basuki menyebutkan bahwa anggaran pemerintah terbatas, beliau menyampaikan uang habis, saya meyakinkan beliau, tolong dibantu, pasar kami sejak 2009 sudah hancur berantakan, lalu semrawut, PKL di mana-mana. Kita kan ingin merapihkan pasar ini supaya kembali indah dan sedap dipandang mata dan juga seluruh pihak berdagang dengan normal dan baik,” katanya.

Seiring berjalan waktu, aspirasi yang disampaikan diterima dan Presiden memberikan lampu hijau agar Pasar Raya Padang Fase 7 ini dibangun. “Itulah sekelumit rangkaian yang kami lakukan, Presiden menyetujui dan perintahkan eksekusi untuk menganggarkan, lalu dimulai proses tender di 2023 ini dan sudah ada pemenang tendernya,” katanya.

Jika tak ada aral melintang, pada bulan Juli 2023 mendatang, pembangunan Pasar Raya Fase 7 sudah dimulai. “Dalam 1-2 minggu ke depan, kontrak pembangunan Pasar Raya Fase 7 segera ditandatangani sehingga diharapkan bulan Juli sudah bisa dimulai pekerjaan, lama pengerjaannya adalah 12 bulan dengan menelan anggaran Rp103 miliar,” katanya.

Baca Juga :  Pemko Padang Berikan Bantuan 955 Unit Sarana dan Prasarana Alat Tangkap Ikan

Selain itu, Menteri PUPR dan Andre Rosiade juga berencana membawa Presiden RI, Joko Widodo ke Kota Padang untuk melakukan Ground Breaking pembangunan Pasar Raya Fase 7. “Sebagai anggota DPR RI, ini perjuangan yang sangat panjang kami lakukan, kita sama-sama tahu pasar ini hancur setelah gempa 2009,” imbuhnya.

Terkait dengan dukungan yang terus mengalir agar Andre Rosiade maju sebagai Gubernur Sumbar November 2024, Andre belum mau menjawabnya. “Hari ini kami sebagai kader Gerindra fokus memenangkan pak Prabowo sebagai Presiden 2024. Selain itu memastikan Gerindra memenangkan Pileg di Sumbar dan Kabupaten/Kota se-Sumbar. Kalau sudah menang, nanti kita lanjutkan soal Gubernur ini,” kata Andre Rosiade. (HP-001)