UAS Puji Perjuangan Andre Bolehkan Pramugari Berjilbab

HALOPADANG.ID – Ustaz Abdul Somad (UAS) memuji keberhasilan perjuangan Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade dalam membolehkan pramugari memakai jilbab atau hijab. Dia menyebut hal itu adalah keutamaan memiliki kekuasaan di tangan yang tepat dan memanfaatkannya untuk kepentingan umat.

“Ternyata dengan kekuasaan bisa mengubah. Saya sebagai ulama tidak mungkin bisa meloloskan aturan pramugari boleh pakai jilbab. Saya kumpulkan pun mereka tak bisa. Tidak bisa juga dengan tabligh akbar. Ini mesti dengan kekuatan, dengan kekuasaan, dengan kemauan dan political will atau kemauan politik,” kata UAS dalam agenda Bukittinggi Bershalawat di taman Pendestrian Jam Gadang, Sabtu (27/5/2023) malam.

UAS menyebut, kalau ada orang mengatakan politik tidak penting. Untuk apa politik? Kalau umat Islam tidak peduli kepada politik, dia akan dimakan oleh orang politik. “Hari ini kita jumpa dengan Anggota DPR RI Andre Rosiade. Yang telah memberikan solusi atas keluhan saya selama ini,” kata UAS dalam acara yang dihadiri Andre Rosiade, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Ustaz Jel Fatullah atau Jelita Donal beserta Forkompinda Bukittinggi dan lainnya.

Baca Juga :  KPU Sumbar Umumkan 65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2024-2025

Kata UAS, dia selalu mengeluhkan satu hal di pesawat dan ternyata Andre Rosiade mendengar ceramahnya. “Saya pakai peci, saya pakai sorban, saya pakai baju koko dan selalu berceramah jaga mata kita. Jangan sampai melihat yang haram. Sampai pesawat, rok pramugari pendek. Padahal saya sudah menutup mata tapi sampai di pintu diminta memperlihatkan tiket,” kata UAS di tengah ribuan jemaah yang hadir.

Kata UAS, jika tidak dikasih tiket tak boleh masuk, kalau dikasih tiket diminta duduk. “Lalu ditanya bapak mau minum apa? Terpaksa menunduk dan bilang minum teh. Dia masih bertanya, mau teh poci teh daun atau teh pucuk. Teh manis, masih ditanya lagi manisnya sangat atau biasa. Memang besar godaan di pesawat,” kata UAS yang tengah menggelar roadshow dakwah empat hari di Sumbar.

Dulu, sebutnya, dia tak berani melihat pramugari karena pakaian mereka. “Tapi sejak perjuangan pak Andre Rosiade, saya berani karena sudah diperjuangkan agar pramugari boleh pakai jilbab. Allahuakbar! Dulu dak boleh pramugari pakai jilbab. Kecuali di Aceh khusus, ada otonomi khusus. Terima kasih pak Andre Rosiade,” kata UAS.

Baca Juga :  Jalur Kereta Api Kayu Tanam-Bukittinggi Direncakan akan Diaktifkan Lagi

Andre Rosiade mengatakan, Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan Erman Safar insya Allah akan membawa keberkahan. Apalagi kerap menghadirkan ulama di kota wisata itu. Andre Rosiade juga memuji program tabungan Utsman di Bukittinggi. “Suatu program pemerintah yang bisa memerangi rentenir yang mana para pelaku UMKM di biayai oleh program tersebut tanpa membayar bunga,” ujarnya.

Andre juga menyampaikan, selaku anggota DPR RI, dia diberikan nasihat oleh UAS dan Ustaz Jel supaya bisa bermanfaat memperjuangkan kepentingan umat. Salah satu contohnya sekarang banyak pramugari Garuda yang memakai hijab, itu tak lepas dari tauziah dan nasehatnya tokoh umat. “Alhamdulillah sekarang pramugari sudah boleh berjilbab,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Doa Ulama

Pujian dan doa dari ulama sebenarnya tak sekali ini didapat Andre Rosiade. Bahkan, banyak ulama yang mendoakannya sukses dan menjadi pemimpin Sumbar nanti. Bahkan, ulama besar Sumbar, Buya Masoed Abidin mendoakan Andre Rosiade menjadi Gubernur Sumbar 2024.

Buya menegaskan, Sumbar beruntung memiliki Andre Rosiade yang muncul sebagai calon pemimpin. “Alhamdulillah, kalau kita melihat Sumbar hari ini, kita punya generasi muda yang baik. Di antaranya ada Andre Rosiade pada angkatan muda kita lainnya. Kenapa tidak untuk tahun depan kita pilih yang muda ke depan, yang tua mendukung di belakang,” katanya.

Baca Juga :  Koto Panjang Masuk Tiga Besar Nominasi Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar

Ustaz Syafiq Riza Basalamah juga pernah memberikan nasihat kepada Andre Rosiade. Syafiq pun memberikan nasihat kepada Andre, agar Andre tidak memiliki ambisi berlebihan dan mengutamakan kebaikan untuk masyarakat Sumbar.

“Maka ana cuma bisa doa mohon kepada Allah agar hatinya bang Andre dijaga. Dimudahklan semua urusannya, dan ketika di atas nanti ya tetap ingat sama Allah. Karena yang memberikan kemudahan itu Allah, bukan tim sukses, bukan orang-orang, maka selalu kembali pada Allah, mudah-mudahan bang, ana doakan,” pungkas Ustaz Syafiq

Tak jauh beda, Ustaz Khalid Basalamah mendoakan Andre Rosiade agar sukses sebagai politisi dengan tetap istiqomah di jalan Allah. “Ana doakan. Insya Allah, mudah-mudahan antum dan semua teman-teman kita yang bergerak di bidang masing-masing, ya mungkin para politisi di politiknya, para ekonom ekonominya dan seterusnya, baik dari jajaran pemerintahan sampai ke masyarakat biasa,” kata Ustaz Khalid. (HP-002)