Jelang Penas Tani, Jabatan Kepala Dinas Pertanian Diganti Wali Kota

HALOPADANG.ID – Posisi Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kota Padang yang diemban oleh Syahrial Kamat kosong setelah ia ditarik menjadi Staf Ahli (Sahli) Wali Kota Padang.

Keputusan itu tertuang di dalam SK Wali Kota Padang Nomor 240 Tahun 2023 dan dilantik di Palanta Wali Kota Padang, Senin (22/5/2023) sore.

Agar tidak terjadi kekosongan, Pemko Padang telah menunjuk Sekretaris Distan, Yoice Yuliani sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kadistan hingga pejabat definitif dilantik.

Selain posisi Kadistan, posisi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) juga kosong setelah Ances Kurniawan pindah tugas sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang menggantikan Yudi Indra Syani yang dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar).

Baca Juga :  Andre Rosiade Bantu Biaya Pengobatan Pustakawan yang Terkena Kanker Payudara di Padang

Posisi Kepala Dinsos yang kosong untuk sementara waktu diisi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, Yenni Yuliza.

“Tidak ada masalah dengan kekosongan Kepala Distan jelang Penas Tani di Padang,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian.

Menurut Arfian, dengan penyegaran yang dilakukan akan memberi pengaruh dan warna baru kepada kegiatan Penas Tani.

“Bukan hanya Kadis yang lama menyelesaikan itu, tetapi seluruhnya, termasuk Sekretaris (dan jajaran) di Distan, begitupun di DKP, jadi tidak ada pengaruhnya,” katanya.

Selain itu, kata Arfian, Wali Kota Padang masih akan melantik sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih kosong.

Baca Juga :  Andre Rosiade Bantu Biaya Pengobatan Pustakawan yang Terkena Kanker Payudara di Padang

Seperti, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Nanti kami lakukan seleksi terbuka (selter), sehingga semua ASN dari eselon III dan II bisa berkompetisi merebut posisi kosong itu, seperti Kepala Bagian (Kabag), Camat, Sekretaris hingga Kepala Bidang (Kabid),” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Jelang pelaksanaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan ke-XVI, Kadistan, Syahrial Kamat ditarik menjadi Staf Ahli (Sahli) Wali Kota Padang.

Keputusan tersebut tertuang di dalam SK Wali Kota Padang Nomor 240 Tahun 2023. Sementara pelantikan dilakukan pada Senin (22/5/2023) siang di Palanta Wali Kota Padang.

Selain Syahrial Kamat, sejumlah pejabat eselon II yang dilantik, yakni, Yudi Indra Syani, Ances Kurniawan, Guswardi dan Alfiadi.

Baca Juga :  Andre Rosiade Bantu Biaya Pengobatan Pustakawan yang Terkena Kanker Payudara di Padang

Yudi Indra Syani pindah tugas dari Kadishub Kota Padang menjadi Kadispar.

Posisi yang ditinggal oleh Yudi ditempati oleh Ances Kurniawan. Eks Camat Padang Timur itu sebelumnya menempati posisi sebagai Kadinsos.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kelautan dan Pangan, Guswardi ditarik menjadi Sahli Wali Kota. Posisi Guswardi diisi oleh Alfiadi, Sahli Wali Kota. (HP-001)