Wako Padang Pastikan Warga Telah Mendapat Pengetahuan Soal Antisipasi Bencana

HALOPADANG.ID – Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, semua warga telah diberikan pengetahuan untuk menghadapi berbagai musibah bencana, termasuk gempa bumi dan tsunami jika terjadi.

Pengetahuan yang diberikan melalui kegiatan simulasi gempa dan tsunami dilaksanakan Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Padang, ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa, Sabtu (29/4/2023).

Kegiatan simulasi gempa dan tsunami dilaksanakan mulai dari tingkat siswa siswi hingga masyarakat umum. Pada kegiatan simulasi tersebut telah diajarkan cara menyelamatkan diri, baik siswa sedang berada di ruang sekolah maunpun saat berada di rumah masing masing, sebut Wako Hendri Septa.

“Begitupun warga yang sedang berada di rumah, terlebih gempa datang menguncang tengah malam, sedang tidur pulas.Saat mengetahui ada gempa jangan panik. Keluar dari rumah, cari lokasi yang aman,” ucapnya.

Alhamdulillah, warga Kota Padang sudah cerdas menyikapi seperti gempa yang terjadi bermagnitudo 6,9 beberapa hari lalu yang berpusat di laut 177 km barat laut Kepulauan Mentawai. Mereka yang berdomisili dekat pantai menyelamatkan diri ke daerah ketinggian serta ke baguanan shelter.

“Setiap bencana itu, Allah SWT yang mendatangkan, sehingga kita tidak tahu kapan terjadinya.Namun kita semua harus selalu waspada,” ungkapnya.

Untuk itu Wali Kota Padang Hendri Septa mengajak supaya selalu berdoa kepada Allah SWT semoga terhindar dari berbagai bentuk bencana.(HP-003)