Puji Kekompakan Direksi Himbara, Andre Rosiade: Harus Dicontoh BUMN lain

HALOPADANG.ID – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade mengapresiasi kekompakan direksi bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Menurutnya, mereka berhasil bekerja sama dalam mencatatkan kinerja yang cukup cemerlang di sepanjang tahun 2022.

Diketahui, secara konsolidasi laba bersih Himbara yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BTN mencapai Rp 114 triliun pada tahun lalu. Andre menilai capaian tersebut merupakan hasil kinerja para direktur Himbara beserta jajarannya.

“Kami memberikan apresiasi atas kinerja Dirut dan Wadirut Himbara yang hadir dalam rapat ini. Kita lihat Himbara laba bersihnya kalau dihitung mencapai Rp 114 triliun baik dari Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Capaian ini patut diapresiasi, kompaknya Dirut-Wadirut Himbara ini harus dijadikan contoh oleh BUMN lain,” kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (3/4/2023).

Hal tersebut ia sampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI dengan Dirut Himbara di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Andre mengungkapkan BRI berhasil mencetak kinerja impresif pada 2022 dengan nilai laba sebesar Rp 51,5 triliun. Jumlah tersebut tumbuh sekitar 67,15% dibandingkan pencapaian 2021.

Sementara itu, Bank Mandiri juga sukses mencatatkan laba sebesar Rp 41,2 triliun, atau naik 46% dibanding tahun sebelumnya. Sementara BNI berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 18,3 triliun. Angka ini meningkat 68% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Di sisi lain BTN sukses mencatatkan perolehan laba bersih Rp 3,04 triliun di sepanjang tahun 2022. Angka tersebut naik 28,15% dibandingkan dengan laba tahun sebelumnya, yang sebesar Rp 2,37 triliun.

Meski telah berhasil mencatatkan laba fantastis di 2022, namun Andre mengingatkan Himbara agar tetap waspada dalam mengantisipasi krisis yang sedang melanda seluruh dunia. Krisis itu ditandai dengan ambruknya bank-bank besar dunia seperti Silicon Valley Bank, Signature Bank, Credit Suisse, Silvergate Bank, hingga First Republic Bank.

“Karena kehancuran bank-bank itu terjadi dalam waktu singkat menunjukkan bahwa krisis itu sudah di depan mata dan kita harus bersiap dengan matang. Kita semua tahu kinerja bapak-bapak luar biasa. Tapi saya mengingatkan krisis ini begitu cepat, jangan sampai bapak-bapak terlena dengan untung besar, laba yang begitu besar, kinerja yang moncer, tapi tidak menyiapkan diri terhadap berbagai risiko yang kita hadapi di depan. Tentu harapan kami Himbara tidak mengalami krisis dan mampu mengantisipasi hal itu,” kata Andre. (*)