Mutasi dan Promosi Polri, 4 Pamen di Sumbar Promosi Jabatan dan Lainnya Dimutasi

Ilustrasi proses pergantian pejabat Polda Sumbar beberapa waktu lalu. IST

HALOPADANG.ID – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi pejabat berpangkat Perwira menengah (Pamen) dari AKBP hingga Perwira Tinggi (Pati) Komjen. Ada 473 yang dimutasi di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Polda Sumbar.

Di daerah ini sendiri, ada dua Kapolres yang dimutasi menuju jabatan AKBP Mantap. Sementara, dua Wakil Direktur berpangkat AKBP di lingkungan Polda Sumbar, dipromosikan ke job Kombes dan seorang lainnya berstatus mutasi.

Dua Kapolres itu adalah Kapolres Padang Pariaman AKBP Qori Oktohandoko. Ia dimutasi menuju jabatan AKBP mantap dengan menjadi Wadir Reskrimum Polda Sumbar. Sementara penggantinya, AKBP Bagus Ikhwan Christian yang dipromosikan sebagai Kapolres dari job sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumbar.

Setelah Kapolres Padang Pariaman, ada Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto yang diposkan pada posisi jabatan AKBP Mantap sebagai Waka Polresta. Job ini lowong tiga bulan setelah ditinggal Kombes Yessi Kurniati yang menjabat sebagai Kapolresta Bukittinggi. Pengganti Ruly adalah AKBP Derry Indra. Ia dipromosikan dari job sebelumnya yakni Kasubbid Paminal Polda Sumbar.

Lalu, dua pejabat Wakil Direktur di Polda Sumbar yang mendapat promosi jabatan dan pangkat adalah Wadir Lantas serta Wadir Reskrimsus. Wadir Lantas AKBP Nicolas Dedy Arfianto promosi jabatan ke Polda Babel sebagai Karolog dan Wadir Reskrimsus AKBP Alfian Nurnas juga mendapatkan promosi sebagai Direktur pada Direktorat Reserse Kriminal Khusus. AKBP Alfian yang akan segera berpangkat Kombes itu menggantikan posisi pejabat sebelumnya, yakni Kombes Pol Adip Rojikan yang dimutasi Kapolri ke Polda Kepri Sebagai Direktur Reskrimum. (HP-001)