Bupati Solok Selatan Minta Pol PP Tegas tapi Humanis dalam Bertindak

HALOPADANG.ID – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengharapkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) dapat mengingatkan peran mereka terkait penegakan aturan dan disiplin.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan dalam pelaksanaan tugasnya kedua satuan ini harus mampu lebih disiplin sehingga mendorong ASN lainnya menjadi lebih disiplin pula.

“Satpol PP harus sensitif, peka terhadap penegakan disiplin. Kami tidak mau personel Satpol PP loyo, harus tegas dan disegani,” kata Khaiarunas dalam arahannya di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (20/03/2023).

Kedisiplinan yang dimaksud mencakup tanggap memakai atribut, tidak pakai nama, lambang, hingga keikutsertaan apel atau acara lainnya.

Dalam upaya tersebut, lanjutnya, personel Satpol PP perlu mendapat pelatihan, jika perlu mendatangkan pelatih dari luar, termasuk pelatihan etika. Tujuannya agar personel Satpol PP humanis, bekerja tegas dan bertindak sesuai aturan yang berlaku.

“Kita bersama-sama semuanya, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Berbagai penghargaan telah kita peroleh, bahkan besok kita akan menerima penghargaan inovasi perencanaan pembangunan daerah terbaik di Sumatera Barat, dan ini jangan kita puas, bagaimana kita mengingatkannya,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Daerah Dr. Syamsurizaldi juga menegaskan arahan yang telah disampaikan Bupati. Salah satunya peran Satpol PP dalam penegakan disiplin, beretika, saling mengingatkan. Satpol PP harus tegas namun tetap humanis, dan bekerja sesuai aturan.

“Kepada Asisten, Kepala OPD dan kita semua, dari hal kecil kita beruntung memiliki pemimpin yang berasal dari politik dan swasta, yang sangat detail, dan itu harus kita akui yang kadang menjadi kelemahan kita di birokrasi,” kata Syamsurizaldi di kesempatan yang sama.

Contohnya mulai dari kehadiran, Bupati tidak pernah terlambat datang ke kantor, kecuali ada agenda lain atau tamu di rumah, demikian juga dengan Wakil Bupati.

Selain itu, terkait tertib pakaian, Sekdakab berharap agar ASN bangga memakai atribut yang dimilikinya. (HP-002)