Ada Salawat Dulang di Solok, Wawako Ikut Hadiri dan Beri Apresiasi

HALOPADANG.ID – Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM hadiri kegiatan Selawat Dulang atau Salawaik Dulang beretempat di Masjid Nurus Sakinah, Kel. Nan Balimo, Sabtu ( 11/3/2023). Hadir pada kesempatan tersebut Ketua LKAAM Kota Solok H. M. Rusli, Lurah Nan Balimo serta pemuka masyarakat Nan Balimo.

Wawako dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, ini merupakan salah satu tradisi masyarakat yang harus tetap dilestarikan sebagai kekayaan budaya masyarakat di Minangkabau.

Dalam sastra masyarakat Minangkabau, pertunjukan salawaik dulang selalu menceritakan kisah kehidupan nabi Muhammad SAW, cerita yang memuji nabi, atau cerita yang berhubungan dengan persoalan agama Islam dengan diiringi irama bunyi ketukan jari pada dulang atau piring logam besar itu.

Wawako juga menambahkan di era gempuran teknologi saat ini, kegiatan ini sangat berguna untuk memperkenalkan budaya minangkabau kepada generasi muda Kota Solok.

“Semoga kegiatan ini dapat mendorong generasi muda Kota Solok untuk mengenal budaya minagkabau, saya berharap dengan adanya kegiatan ini, hubungan silaturrahmi antara kota semua dapat terjalin dengan baik” tutup wawako. (HP-002)