Kemenhub Targetkan Pembangunan Konstruksi Bandara Rokot di Mentawai Rampung Akhir Maret 2023

HALOPADANG.ID – Pembangunan konstruksi Bandara Rokot yang baru di Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, ditargetkan selesai akhir Maret 2023.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni mengemukakan, setelah dilakukan verifikasi, flight calibration, publikasi AIC dan persyaratan teknis lainnya, maka Bandara Rokot yang baru sudah bisa melayani penerbangan dengan pesawat ATR 72.

“Bandara Rokot yang baru ini memiliki runway 1.500 x 30 meter, sehingga nantinya akan mampu didarati pesawat ATR 72 dengan kapasitas penumpang sekitar 70 orang,” jelas Kristi dalam keterangan resminya, Kamis (2/3/2023).

Untuk sisi darat, telah dibangun terminal seluas 1.610m2 dan beberapa fasilitas pendukung seperti gedung kantor, kedung PKP-PK, terminal kargo, gedung operasional seperti power house dan rumah pompa, halaman parkir dan jalan lingkungan.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

Kristi menjelaskan, pembangunan bandara baru ini akan menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Rokot Sipora, yang saat ini hanya memiliki panjang landas pacu atau runway 850 meter sehingga hanya dapat didarati pesawat jenis propeler grand caravan.

Saat ini penerbangan yang beroperasi melayani rute angkutan udara perintis dengan rute penerbangan Bandara Minangkabau-Rokot PP, menggunakan jenis pesawat grand caravan yang dioperasikan oleh maskapai Susi Air dengan frekuensi dua kali dalam seminggu.

Pembangunan bandara ini sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di sekitar Kepulauan Mentawai, sehingga diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata di kepulauan yang terkenal dengan ombak yang diburu para penggemar olahraga surfing di dunia ini.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

“Selain itu bandara ini juga merupakan bandara mitigasi bencana, karena kita ketahui sering terjadi bencana alam seperti gempa di Kepulauan Mentawai. Jadi diharapkan pengembangan bandara ini dapat didarati pesawat yang lebih besar guna mitigasi bencana,” jelasnya.

Lebih lanjut Kristi berharap agar sinergi antara Pemerintah Daerah, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan stakeholders penerbangan terus terjalin, agar konektivitas dan kebutuhan masyarakat di wilayah 3TP dapat terpenuhi, serta proses mitigasi bencana dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan yang sama PJ.Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan Direktur Jenderal Perhubungan Udara yang secara langsung memantau proses pengembangan bandara. Ia juga berharap pengembangan Bandara Rokot bisa selesai sesuai target waktu yang ditentukan.

Baca Juga :  Meletus, Gunung Marapi Semburkan Abu Setingggi 1.500 Meter di Atas Puncak

“Masuknya pesawat ATR dengan kapasitas tempat duduk yang lebih banyak, tentu saja akan berdampak langsung terhadap sektor perekonomian, mendukung UMKM, serta peningkatkan kunjungan pariwisata, baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara di Kepulauan Mentawai,” ujar Martinus. (HP-001)