Andre Rosiade Lunasi Tunggakan PDAM dan Beri Modal Usaha Warga Padang

HALOPADANG.ID – Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade mengaku prihatin dengan informasi yang sampai kepadanya akhir pekan lalu. Dia mengetahui, ada satu keluarga di Perumnas Siteba, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang yang tertungak tagihan PDAM selama dua tahun dan tidak punya usaha untuk penopang hidup.

Yannetty Apriana Putri, ibu empat anak dan dua cucu ini telah ditinggal meninggal oleh suaminya beberapa tahun lalu. Sejak dua tahun terakhir, warga Jalan Tanahdatar IV itu tidak mendapatkan aliran air bersih, karena tidak terbayar lagi. Akibatnya, Yanetty dan anak-ananya harus menumpang ke tetangga untuk mandi dan mencuci, atau menampung air hujan dengan ember.

“Untuk mandi dan mencuci kalau tidak musim hujan, kami menumpang sama tetangga. Kalau hujan turun, ya ditampung. Bahkan anak-anak jarang mandi, sehingga kedua cucu saya terpapar penyakit kulit gatal-gatal,” kata Yannetty, Minggu (12/2) saat didatangi Tim Andre Rosiade ke rumahnya, Zulkifli dan Diky Hermansyah.

Kata Yannetty, dulu dia sekeluarga sering dibantu oleh almarhum orang tua Andre Rosiade, yaitu Yanziwar Ade. “Namun sejak Pak Ade tidak ada lagi, kami sangat kesulitan. Tak ada tempat mengadu. Saran dari tetangga agar saya mohon bantuan sama Andre Rosiade. Tapi saya ragu, apakah diterima atau tidak,” kata Yanitty lagi.

Akhirnya, dia beranikan diri menelepon, karena Andre Rosiade pun dulu adalah tetangganya waktu di Siteba, Nanggalo. “Kontak tersambung dan Alhamdulillah hari ini tim pak Andre Rosiade turun dan langsung memberikan. Besok Senin saya akan melunasi tunggakan PDAM dan pasang baru,” katanya.

Selain bantuan untuk melunasi tunggakan PDAM, ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat itu juga membantu modal usaha agar keluarga ini bisa kembali menyambung kehidupannya. Salah satunya dengan kembali berjualan di rumah nya yang dulu juga sempat berjualan. “Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade yang telah membantu kami membayarkan uang PDAM dan modal usaha,” katanya.

Dihubungi terpisah, Andre Rosiade mengaku prihatin dengan kondisi keluarga tetangga lamanya itu. Dia meminta tim untuk mengecek kebenaran informasi dan memberikan bantuan. Karena air bersih adalah kebutuhan utama, dia meminta tim memastikan sambungan PDAM kembali mengalir ke rumah itu.

“Kami baru dapat informasi ini. Tentu yang paling utama memastikan keluarga Bu Yannetty mendapatkan air bersih. Apalagi kami dengar anak atau cucunya sudah terjangkit penyakit kulit karena tidak adanya air bersih. Semoga air bisa tersambung segera,” katanya.

Andre mengatakan, untuk lebih menjamin ekonomi keluarga itu, dia juga memberikan modal untuk berjualan kecil-kecilan di dekat rumah Yannetty. “Semoga modalnya cukup dan keluarga bisa hidup lebih baik lagi. Ini adalah tugas kami sebagai anggota DPR RI. Begitu juga sebagai kader Gerindra, sebagaimana yang dipesankan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu. (HP-003)