Pembangunan Jembatan Layang Sitinjau Lauik, Erick Tohir Tunjuk Hutama Karya

HALOPADANG.ID – Pemerintah pusat merespons rencana pembangunan Jembatan Layang Sitinjau Lauik yang dikenal memiliki tanjakan ekstrem itu. Respons itu ditunjukkan dengan hadirnya Menteri BUMN Erick Tohir untuk meninjau langsung kawasan itu didampingi jajaran BUMN Hutama Karya yang akan menggarap proyek ini.

Erick tampak hadir bersama jajaran terkait, seperti Anggota DPR RI Andre Rosiade yang getol memperjuangkan proyek ini di pusat dan Forkompimda, seperti Kapolda Irjen Suharyono, Wagub Audy Joinaldy, Selasa (20/12/22).

Turut serta dalam peniniauan tersebut jajaran dari Hutama Karya (HK) yang menurut Erick, sengaja diikutsertakan untuk melihat langsung kondisi real sekaligus memulai persiapan.

“Untuk pembangunan fly over ini, kami dari BUMN mendukung dengan menurunkan Hutama Karya (HK) untuk persiapannya,” ujar Erick.

Baca Juga :  Calon Jemaah Haji Tes Kebugaran, Diminta Berjalan Atau lari Hingga 1,6 Km

Sitinjau lauik sendiri menurut Erick merupakan salah satu jalur yang sangat terkenal, menjadi penghubung nasional yang ada di daerah Sumatera. Hal tersebut menjadikan proyek Fly Over ini penting untuk segera terlaksana agar cepat menggerakan perekonomian masyarakat Sumbar.

Erick juga menyebut pembangunan fly over di Sitinjau Lauik juga sebagai bentuk dukungan untuk memajukan sektor pariwisata di Sumatera Barat. Jalur ini merupakan jalur yang dilewati wisatawan lokal dari luar Sumbar menuju sejumlah destinasi wisata di Ranah Minang. Sektor pariwisata sudah terbukti mampu dengan cepat menggenjot pemilihan ekonomi pasca pandemi.

“70 persen pemasukan pariwisata Indonesia itu karena wisatawan lokalnya. Dan kita tentu benerin infrastrukturnya,” lanjut Erick.

Baca Juga :  Operasi Keselamatan di Wilayah Hukum Polres Padang Panjang Dimulai, Berakhir 17 Maret

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joynaldi juga berterimakasih atas pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik ini yang akan menjadi bagian sangat penting bagi masyarakat Sumatra Barat. Selain itu, dengan hadirnya Fly Over ini aksebilitas keluar masuk Kota Padang jadi sangat memudahkan baik sektor wisata maupun ekspedisi.

“Jalur Sitinjau Lauik ini merupakan jalur yang menghubungkan enam kabupaten/kota di Sumatra Barat dan ini sangat penting, Dengan adanya jalur fly over ini akan mengurangi biaya transportasi, sehingga akan menurunkan harga barang”, Ucap Audy.

Hal senada pun juga disampaikan langsung oleh Andre Rosiade Anggota DPR RI atas dukungan Menteri BUMN yang telah memberikan dukungan dan langkah serius dalam pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik untuk Masyarakat Sumatera Barat.

Baca Juga :  Tanah Datar Raih Penghargaan Zakat, Bupati: Ini Berkat Sumbangsih

“Alhamdulillah pak menteri sudah menunjuk Hutama Karya untuk melakukan penelitian pembangunan fly over Sitinjau Lauik ini, saat ini HK juga tengah melakukan penelitian terkait bentuk bangunan yang akan dibuat nanti, Insya Allah pada Maret 2023 penelitian proyek HK selesai dan bisa dimulai Oktober 2023” tutup Andre.(HP-002)